Menjadi Pengusaha dengan Menggunakan Tabungan atau Modal Sendiri

Menjadi seorang pengusaha saat ini menjadi impian orang banyak. Yah, dengan memiliki usaha sendiri anda bisa berkreasi dan menentukan nasib anda sendiri. Namun, terkadang banyak orang terkendala dalam masalah finansial ketika ingin memulai sebuah usaha. Yah, modal usaha yang cukup tentunya. Memulai usaha memang membutuhkan modal yang banyak. Namun, modal usaha itu bisa datang dari mana saja. Yah, misalnya anda bisa merogoh kocek pribadi untuk mendapatkan modal usaha.

Mendapatkan modal usaha dari kantong pribadi tidaklah susah-susah amat. Asalkan tahu bagaimana mengaturnya, pasti modal usaha bisa didapatkan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan saat ingin mendapatkan modal usaha dari kocek pribadi. Cara ini tentunya bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja yang mau mendapat modal usaha dari kantong pribadinya sendiri. Berikut ini 4 hal untuk mendapatkan modal usaha dari kantong pribadi, diantaranya:

Menyisihkan uang untuk ditabung dari penghasilan bulanan

Salah satu sumber paling mudah untuk mendapatkan modal usaha adalah berasal dari uang pribadi. Selain itu, modal usaha dari uang pribadi memiliki risiko yang minim. Artinya, jika usaha belum mampu berjalan sesuai harapan, maka anda tidak akan mengalami kerugian yang lebih besar. Berbeda jika anda meminjam modal usaha ke bank. Itu memiliki risiko yang lebih tinggi karena harus membayar cicilan setiap bulannya. Tentunya ini akan membuat anda semakin kebingungan untuk mengembangkan usaha.

Sebenarnya, mencari modal usaha dari kantong pribadi tidaklah sulit. Hanya memerlukan manajemen yang baik dalam mengaturnya. Anda harus bisa membuat pot-pot mana untuk modal usaha, biaya operasional hidup selama sebulan, investasi, dan lain sebagainya. Untuk itu, buatlah daftar-daftar pengeluaran yang biasa anda lakukan setiap bulannya.

Baiklah, kita ambil contoh dari hitung-hitungan di bawah ini. Ini adalah ilustrasi yang bisa anda lakukan untuk mendapat modal usaha dari kantong pribadi anda.

  • Misalnya, anda memiliki gaji sebesar 4.000.000 rupiah. Dan modal usaha yang anda butuhkan adalah 10.000.000 rupiah
  • Maka yang perlu anda lakukan adalah menyisihkannya setiap bulan. Anggap saja 1.000.000/bulan.
  • Maka modal usaha akan anda dapatkan dalam kurun waktu 10 bulan saja

Memang sedikit lama untuk mengumpulkan modal usaha melalui kantong pribadi. Kecuali anda memiliki dana yang cukup. Kapan pun bisa anda keluarkan. Namun, saat nanti usah sudah berjalan dan anda mampu menikmati hasilnya. Itu akan terasa lebih nikmat, bukan? Yah, selama 10 bulan itu anda harus bersusah-susah terlebih dahulu. Hidup hemat dan sederhana. Setelah masa itu terlewati, anda akan lebih bahagia karena mampu mendapatkan modal usaha dari kocek sendiri.

Jual aset berharga yang tidak diperlukan atau jarang dipakai

Untuk menjalankan usaha yang telah impikan dan dirancang sedemikian rupa, pengorbanan selalu menjadi bumbu di dalamnya. Yah, ketika modal pas-pasan dan anda tidak mau terlibat dengan pinjam meminjam kepada lembaga keuangan, salah satunya dengan menjual aset berharga yang tidak anda perlukan lagi. Misalnya, anda memiliki baju banyak namun tidak terpakai, itu bisa anda jual untuk mendapatkan modal usaha. Yah, semua barang-barang yang masih layak pakai dan layak jual. Motor, televisi, mesin cuci, kamera, handphone, laptop, helm, tas, atau apa pun yang kira-kira bisa menghasilkan uang.

Nah, carilah barang yang benar-benar tidak lagi atau jarang dipakai. Selain itu, pastikan harganya masih memiliki nilai jual yang tinggi. Tawarkan barang-barang anda kepada teman, sahabat, kerabat, atau di pasar online. Seperti diketahui, banyak sekali pasar online yang bisa kita jajakan dagangan baik itu barang baru atau bekas. Dan, semuanya gratis.

Jika masih belum rela menjual barang berharga, maka gadaikan saja dulu

Menjual barang yang sekian lama kita miliki rasanya memang berat sekali. Apalagi jika membelinya dengan susah payah. Nyesek rasanya. Mencari modal usaha dari kantong pribadi memang memerlukan pengorbanan yang besar. Lebih-lebih jika harus menjual barang-barang kesayangan pribadi. Nah, jika anda masih merasa sayang untuk menjualnya, sebaiknya anda gadaikan saja terlebih dahulu untuk mendapatkan modal usaha. Anda bisa pergi ke pegadaian untuk menyimpan sementara di lembaga-lembaga pegadaian terdekat. Tentunya lembaga pegadaian yang memiliki kredibelitas, aman, dan bisa dipercaya.

Jika anda sudah menemukan lembaga pegadaian yang tepat dan sudah merasa yakin, sebaiknya segeralah untuk menggadaikan jika memang anda butuh modal usaha yang cepat. Selain prosesnya cepat, menggadaikan barang di lembaga pegadaian juga memiliki bunga yang relatif rendah. Selain itu, anda bisa mengatur cashflow sendiri untuk menebus barang yang digadaikan. Jika sewaktu-waktu belum bisa membayar, anda juga bisa memperpanjang masa bayarnya. Yah, cukup membantu anda.

Agar proses pencairan dana berlangsung cepat, lengkapilah data-data yang diperlukan seperti surat dan bukti pembelian barang barang yang akan digadaikan. Dengan begitu, anda akan mendapat modal usaha dengan cepat sehingga usaha anda bisa berjalan dan berkembang tentunya. Yah, tidak harus menjual barang, digadaikan pun bisa. Selain barang anda masih ada, modal usaha pun anda dapatkan.

Berinvestasi

Nah, cara untuk mendapatkan modal usaha dari kantong pribadi selanjutnya adalah dengan cara berinvestasi. Investasi rasa-rasanya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Tentukan jangka waktu investasi yang ingin anda lakukan. Misalnya, dalam dua tahun ke depan, anda ingin mendapatkan hasil dari uang yang diinvestasikan untuk modal usaha.

Berinvestasi memang gampang-gampang susah. Karena tidak tahu caranya, banyak investor pemula malah terjerumus dan uang pun lenyap. Tapi tidak perlu khawatir! Selama bisa menginvestasikan dengan benar maka kesuksesan akan datang sendiri. Banyak cara investasi yang bisa dilakukan seperti investasi pada emas, saham, reksadana, properti, atau yang lainnya. Berikut ini adalah tips singkat untuk investasi:

Tentukanlah investasi apa yang ingin anda lakukan. Kemudian perhitungkan risikonya. Jika lebih dominan menguntungkan untuk modal usaha anda natinya, maka lakukan saja. Pastikan keuntungan bisa mencukupi modal usaha yang anda perlukan di masa yang akan datang. Dengan begitu, modal usaha bisa anda dapatkan dari hasil investasi ini.

Sekali lagi, pastikan dana yang anda investasikan benar-benar menguntungkan. Jika menguntungkan, maka dalam dua tahun ke depan (sesuai jangka waktu yang diinginkan) anda bisa mendapatkan modal usaha.

Itulah beberapa tips mendapatkan modal usaha dari kantong pribadi. Yang perlu anda lakukan adalah mempelajari dan mempraktikannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *