Mengikuti Beasiswa dan Ajang Kejuaraan Bisnis

Modal adalah masalah klasik bagi seseorang yang ingin memulai bisnis.  Ketiadaan modal usaha membuat sebagian besar orang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha. Ini adalah hal yang salah. Padahal masih banyak cara agar mendapatkan modal usaha. Salah satunya dengan mengikuti beasiswan dan ajang kejuaraan bisnis.

Mengikuti beasiswa dan ajang kejuaraan bisnis adalah pilihan yang bijak bagi mereka yang minim modal. Sebab jika menang, hadiahnya pun cukup menggiurkan dan bisa untuk membangun usaha sendiri. Biasanya beasiswa bisnis dan lomba-lomba bisnis macam ini dananya berasal dari dana hibah dari perusahaan baik perusahaan swasta maupun pemerintah. Jadi, tidak tanggung-tanggung hadiahnya. Dengan memenangkan lomba semacam ini, tentunya akan menambah sumber modal usaha bagi anda. Bahkan dalam beberapa ajang kejuaraan bisnis, anda juga bisa mendapatkan program pendampingan dan pelatihan kewirausahaan.

Nah, bagi anda yang berminat mengikuti beasiswa dan ajang kejuaraan bisnis, anda tentunya perlu ilmu yang memadai supaya menang beasiswa dan kejuaraan bisnis tersebut. Lalu bagaimana caranya supaya memenangkan beasiswa dan kejuaraan bisnis tersebut? Yah, tentunya ada beberapa tips dan strategi yang perlu anda ketahui.

  1. Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen legalitas usaha dengan lengkap. Kemudian siapkanlah dokumentasi kegiatan wirausaha anda. Yah, dua hal ini sangat penting dalam mengikuti kejuaraan bisnis.
  2. Selanjutnya anda harus memahami syarat dan ketentuan dari beasiswa dan kejuaraan tersebut. Banyaklah membaca kisah-kisah sukses dan ikuti forum-forum bisnis supaya tetap up to date perkembangan bisnis saat ini.
  3. Siapkan tim yang bagus. Karena tim yang bagus akan menentukan dan membantu anda dalam ajang ini. Bentuklah tim sesolid mungkin supaya usaha yang anda ikutkan bisa menjadi pemenang.
  4. Nah, ini penting. Tentukanlah target yang ingin dicapai dari ajang kejuaraan bisnis ini. Misalnya anda bisa maju dari tingkat lokal ke tingkat nasional. Selain itu, tentunya target anda untuk menang supaya mendapatkan modal usaha.
  5. Terakhir, tentunya berdoa. Berdoalah agar apa yang dilakukan bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Jika dirasa usaha yang anda suguhkan bermanfaat bagi sekitar, bisa dipastikan juri akan memperhatikan anda. Bisa jadi ini adalah nilai lebih.

Nah, selain itu di bawah ini adalah tips khusus agar anda bisa memenangkan kejuaraan bisnis yang ingin anda ikuti. Ada 5 poin yang perlu anda cermati, diantaranya:

  1. Mencari informasi tentang kejuaraan bisnis

Untuk mengikuti kejuaraan bisnis tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari informasi tentang kejuaraan tersebut. Carilah informasi sedetail mungkin supaya anda punya gambaran dan benar-benar paham. Misalnya tentang tema lomba, penilaian, parameter, dan juga jenis-jenis bisnis yang memenangkan lomba tersebut. Selain itu, lihat kapan deadline lomba tersebut. Kemudian, kenalilah siapa yang akan menjadi juri dalam lomba tersebut. Pahami karakter-karakter tiap juri dan bangunlah komunikasi dengan mereka mengenai lomba tersebut. Lalu cari informasi mengenai bisnis apa yang mereka tertarik. Yah, jika ini anda lakukan maka anda menjadi selangkah di depan di antara peserta lainnya. Dengan begitu anda bisa mempersiapkan dan jadi tahu apa yang harus dilakukan supaya memenangkan kejuaraan bisnis tersebut.

  1. Datangi pemenang lomba sebelumnya

Setelah anda mengetahui informasi seputar lomba beserta jurinya, langkah selanjutnya adalah mencari tahu pemenang lomba sebelumnya, dengan catatan lomba sudah berlangsung lebih dari satu kali. Tanyakan kepadanya bagaimana pengalaman pemenang lomba tersebut dalam mengikuti ajang ini. Mintalah kiat-kiat darinya agar anda juga bisa mengikuti jejaknya dalam memenangkan lomba. Yah, tentunya anda harus membuat janji terlebih dahulu. Misalnya janjian di cafe sambil mengobrol santai. Jika telah menemuinya, anda akan sangat beruntung sekali. Sebab anda bisa memndapatkan ilmu yang berharga dari orang yang telah memenangkan lomba tersebut. Dan terakhir, tanyakan kepadanya apa rahasianya (strategi) bisa memenangkan lomba tersebut. Dengan begitu, saat mengikuti lomba tersebut anda benar-benar siap untuk menang.

  1. Membuat konsep bisnis yang segar, menarik, dan bermanfaat

Selanjutnya adalah membuat konsep bisnis yang segar, menarik, dan bermanfaat. Carilah keunikan tersendiri dari bisnis yang ingin anda jalankan. Selain itu, bisnis yang anda jalankan akan sangat bermanfaat baik dari segi menciptakan lapangan pekerjaan ataupun menciptakan pemberdayaan kepada orang lain. Kemudian, anda juga bisa membuat bisnis yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Maksudnya, bisnis yang ramah lingkungan dan tidak terlalu menggunakan sumber daya alam yang berlebihan. Nah, jika konsep bisnis dibuat demikian maka ini akan sangat menarik dan bermanfaat. Dan perlu diingat, konsep bisnis tidak melulu harus baru. Akan tetapi, bisa juga konsep bisnis lama namun telah disempurkan menjadi lebih baik.

  1. Menjaga kejujuran dan realistis

Nah, ini penting. Tetaplah jaga reputasi anda. Maksudnya, dalam mengikuti ajang ini anda harus tetap jujur dan realistis. Ini berarti anda tidak melakukan kecurangan dalam lomba ini seperti mencuri ide orang, plagiat, dan lain-lain. Selain itu, anda tidak perlu membesar-besarkan estimasi pendapatan dan pengaruh yang besar terhadap lingkungan sekitar. Cukup sesuai kemampuan saja. Sebab banyak ditemukan peserta ajang ini tidak jujur dan realistis. Dan pada akhirnya, bisnis  yang dijalankan berjalan tidak sesuai harapan.

  1. Membuat target bisnis

Setiap bisnis apapun pasti memiliki target. Begitu juga dengan bisnis yang akan anda lakukan. Buatlah targer bisnis sesuai dengan apa yang diharapkan. Sesuaikan dengan porsi dan kondisi. Bila tidak ada target bisnis, anda hanya akan melakukan bisnis yang tidak mendapatkan apa-apa. Banyak peserta lomba tidak menjalankan bisnis sesuai targetnya dan akhirnya malah repot sendiri.

  1. Mengevaluasi diri

Selalu evaluasi bisnis yang anda jalankan. Agar bisnis bisa lebih baik, sangatlah perlu untuk melakukan evaluasi, baik berdasarkan rencana bisnis ataupun ketetapan penyelenggara lomba. Ini bertujuan supaya bisnis yang dijalankan terlihat jelas dan mengetahui kekurangan serta kesalahannya.

 

Nah, itulah beberapa tips agar anda bisa mendapatkan modal usaha melalui beasiswa dan ajang kejuaraan bisnis. Yah, intinya cobalah untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam ke lembaga keuangan atau siapapun. Buktikan jika anda bisa mendapatkan modal usaha secara mandiri, Tips di atas bisa anda lakukan untuk mengikuti kejuaraan bisnis yang ingin anda ikuti. Selamat mencoba dan semoga sukses!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *