Memulai SEO Website Untuk Orang yang Gaptek Banget

SEO ialah nama yang masih sangat asing bagi banyak orang baik itu yang sudah mengenal teknologi atau internet terlebih yang belum mengenal atau gaptek. Kebanyakan orang mengenal internet hanya sebagai media untuk mencari informasi atau browsing dan untuk berkomunikasi seperti menggunakan Facebook, Instagram, dsb.

Bagi Anda yang sama sekali belum memahami bahkan belum pernah mendengarnya, penjelasan berikut akan memberikan pemahaman untuk Anda mulai dari pengertian dasar, manfaatnya, dan bagaimana SEO itu dibuat.

Apa itu SEO?

SEO (sumber: https://marketingland.com)

Jika Anda selama ini terbiasa mencari informasi di internet melalui browsing misalnya dengan mesin telusur google, Anda tentu pada awalnya akan mengetik kata kunci yang dicari, misalnya “cara menulis cerpen”, dari kata kunci yang Anda ketik tersebut, selanjutnya akan ditampilkan berbagai referensi mengenai cara menulis cerpen yang ada dari berbagai blog atau website.

Umumnya dalam tampilan tersebut, orang akan langsung memilih pada artikel yang tertera paling atas atau yang dianggap memiliki judul dan deskripsi singkat yang menarik, tidak membuang waktu untuk mencari referensi di halaman berikutnya.

Itulah hubungannya dengan SEO website dimana artikel yang tampil di halaman pencarian paling awal atau paling atas itu adalah artikel dengan kualitas yang terbaik dan memiliki jumlah pembaca terbanyak.

Bagi Anda yang memiliki peran dengan dunia menulis dan tertarik untuk mempostingnya di website, ilmu mengenai SEO website sangatlah penting sebab menentukan banyak dan tidaknya pembaca tulisan Anda.

Kesimpulanya, SEO (Search Engine Optimization) ialah suatu cara atau teknik untuk membuat tulisan yang diposting di blog atau website berada pada posisi atau halaman pertama dalam mesin pencarian seperti Yahool, Google, dan Bing.

Kegunaan SEO Website

Setelah Anda memahami apa itu SEO website dan sudah memiliki gambaran tentangnya, mungkin Anda bertanya kenapa harus menggunakan SEO website dalam teknik penulisan artikel, berikut kegunaan dan keuntungan yang didapat.

Mendatangkan pengunjung lebih banyak.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa secara umum orang akan membuka lebih lanjut informasi yang dicari pada halaman pertama mesin telusur, secara langsung artikel yang ada di halaman pertama akan lebih banyak dibuka dan dibaca oleh orang sehingga pengunjung pada blog atau website tersebut pun semakin banyak.

Meningkatkan penjualan.

Bagi blog atau website yang memanfaatkan strategi pemasaran dengan digital amrketing atau penjualan secara online, pengunjung yang banyak akan sangat membantu dalam penjualan, dengan banyaknya pengunjung yang datang, semakin banyak pula orang yang mengenal, tertarik, dan akhirnya membeli produk yang dijual sehingga penjualan akan memiliki pencapaian yang terus meningkat dan sesuai yang diharapkan.

Menggambarkan kualitas.

Baik atau tidaknya suatu artikel atau tulisan dapat dinilai dengan SEO website, jika mampu berada di halaman pertama dalam mesin penelusuran, tentunya artikel tersebut telah memenuhi syarat SEO website yang baik, hal itu menjadi daya saing tersendiri dan membuktikan bahwa pembuatnya berkualitas atau memiliki kemampuan yang tidak dimiliki semua orang.

Memulai SEO Website Untuk Orang yang Gaptek Banget

Perlu Anda ketahui bahwa SEO website bukan hal yang sulit diterapkan jika memahami ilmu dasarnya dan mau mencoba, tidak hanya kemampuan membuat tulisan yang berkualitas dan berisi saja, namun juga bagaimana mengisi tulisan tersebut untuk memenuhi syarat SEO website dan menarik untuk dibaca lebih lanjut, berikut hal hal yang perlu dipelajari.

Tittle tag.

Merupakan judul di posting atau artikel yang dibaca oleh mesin pencari, tittle tag berada di samping dari judul artikel yang tampil dan berhubungan dengan kata kunci.

Meta description.

Adalah keterangan singkat pada suatu artikel yang memberikan penggambaran berupa kalimat yang menarik agar calon pengunjung semakin berminat untuk membuka artikel tersebut. Meta description dapat dibuat sesuai selera dan akan menentukan kepercayaan awal dari calon pembaca.

URL (Uniform Resource Locator).

Ialah rangkaian huruf atau karakter dengan format standart khusus untuk menunjukkan alamat dari sebuah sumber di blog atau website. Alamat tersebut yang akan membawa menuju suatu halaman situs dan tiap alamat tidak akan ada yang sama per judul artikel.

Heading.

Jika Anda selama ini mengenal heading ketika mengetik seperti di Microsoft Word, heading juga ada dalam SEO website, heading menjadi kumpulan judul atau kumpulan sub judul dalam sebuah dokumen di blog atau website. Heading memiliki tingkatan mulai dari level 1 hingga level 6 dimana perbedaannya ialah pada ukurannya yang terkecil hingga terbesar jika dilihat dari keseluruhan ukuran tulisan.

Link Authority Site.

Yaitu sebuah artikel atau posting yang di dalamnya juga terdapat link aau alamat menuju situs situs terkenal yang dipercaya mesin telusur seperti Youtube, Wikipedia, Facebook, dll.

Itulah hal hal yang perlu dipelajari tentang SEO website, untuk mendalaminya Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan banyak membaca dan menerapkan secara langsung pada artikel atau tulisan yang Anda buat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *