Melakukan Bisnis dimulai dari Tanpa Modal Terlebih Dahulu

Apa yang dipikirkan pertama kali sebelum memulai bisnis? Ya, yang dipikirkan orang saat pertama kali ingin memulai bisnis adalah modal. Yah, kebanyakan orang berpikir bahwa memulai bisnis itu harus dengan adanya modal yang memadai. Faktanya tidak selalu seperti itu. Banyak bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal alias nol modal. Yah, tidak nol-nol banget. Tapi setidaknya hanya puluhan ribu saja. Yang dibutuhkan adalah keahlian dan kemauan yang tinggi untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Supaya lebih jelas, di bawah ini akan dijelaskan beberapa bisnis tanpa modal yang bisa anda lakukan. Bisnis ini bisa dikerjakan oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Yah, cocok bagi anda yang ingin mendapatkan pengahsilan tambahan baik secara offline maupun online. Ada 5 jenis bisnis tanpa modal yang bisa anda jalankan, diantaranya:

  1. Menjual produk orang lain (reseller atau dropshiper)
    Saat ini menjadi seorang reseller atau dropshiper menjadi salah satu usaha yang dilakukan oleh orang banyak. Bisnis ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi, banyak orang menjadi dropshiper melalui online. Mereka memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk berpromosi.
    Keuntungan menjadi seorang dropshiper adalah tidak perlunya memikirkan produk yang ingin dijual. Yang diperlukan hanyalah bagaimana measarkan produk tersebut sehingga bisa menghasilkan uang. Namun, sebelum anda benar-benar memasarkannya, cermati dulu apakah produk itu bagus atau tidak. Ini benar-benar bisnis tanpa modal.
  2. Menjadi blogger
    Di zaman yang canggih dengan teknologi ini, menghasilkan uang sepertinya tidak susah-susah amat. Memiliki usaha tanpa modal yang satu ini adalah dengan menjadi seorang blogger profesional. Nah, manfaatkanlah blog atau website anda. Naikan trafik pengunjung supaya blog ramai dikunjungi. Jika sudah begitu, penghasilan akan datang kepada anda. Ada beberapa cara mendapatkan penghasilan dari blog anda dengan trafik pengunjung tinggi. Bisa saja melalui space iklan yang disewakan, program PPC atau google adsense, program pay per lead, dan lain sebagainya.
    Namun untuk membuat blog dengan trafik yang tinggi dan disukai banyak orang tidak semudah membalikan telapak tangan. Anda perlu belajar membuat blog yang kontennya original dan disukai pengunjungnya. Kemudian tampilan dan navigasinya harus user friendly. Dan pada akhirnya kemampuan seorang webmaster, penulis konten, dan seorang pebisnis online harus anda miliki agar semuanya berjalan dan berkembang. Bisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan asalkan anda memiliki ilmunya. Yah, bisnis tanpa modal dengan penghasilan luar biasa.
  3. Menjadi agen atau broker
    Nah, ini juga bisa menjadi bisnis tanpa modal yang menjanjikan. Jika ada memiliki kemampuan marketing yang bagus, menjadi seorang agen atau broker adalah pilihan yang baik. Yah, banyak sekali produk yang bisa anda jual dan pasarkan. Misalnya menjadi seorang agen properti.
    Seperti diketahui bersama, perkembangan bisnis properti di Indonesia akhir-akhir ini berkembang sangat pesat. Yah, tidak lain karena harga jual properti yang semakin melonjak tiap tahunnya. Orang berbondong-bondong memebeli properti untuk investasi baik itu rumah, ruko, apartemen, dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk anda.
    Keuntungan menjual properti biasanya berasal dari dua pihak, yaitu dari penjual dan pembeli properti. Penjual atau pemilik properti biasanya akan memberikan bonus kepada broker atau agen yang berhasil menjual propertinya. Kemudian, pembeli yang merasa puas dengan properti yang dibelinya juga biasanya memberikan bonus kepada pemberi informasi (agen atau broker) karena telah membantunya mencarikan properti. Untungnya berlipat ganda, bukan? Selain itu, jumlah tip dari penjualan properti biasanya lumayan besar. Ini benar-benar bisnis tanpa modal yang menghasilkan untung yang lumayan.
  4. Menjual jasa
    Jika anda memiliki banyak keahlian yang bisa dijual, banyak sekali bisnis menjual jasa yang bisa dilakukan. Menjadi guru les jika anda menguasai pelajaran anak sekolah, menyediakan jasa SEO (Search Engine Optimization), penulis artikel, jasa pembuatan blog, dan masih banyak lagi. Pada intinya, lihatlah sekeliling apa yang bisa dihasilkan dari sekitar. Entah itu dari internet maupun secara offline di rumah. Manfaatkan kecanggihan teknologi sebagai sarana berbisnis karena bisnis secara online pasarnya lebih luas.
  5. Menjadi penulis lepas
    Jika anda memiliki keahlian menulis, maka menjadi penulis lepas adalah pilihan yang baik. Banyak sekali orang atau perusahaan membutuhkan penulis lepas baik untuk mengulas suatu produk atau untuk mengembangkan blog dan website mereka. Bisnis tanpa modal yang satu ini bisa dikerjakan di mana saja. Asalkan ada laptop untuk menulis, semuanya bisa dikerjakan. Selain itu, yang anda perlukan adalah koneksi internet untuk mencari sumber untuk bahan menulis. Sebenarnya bahan untuk menulis bisa saja dari buku, internet, atau pun majalah-majalah.
    Lalu, di mana anda bisa mendapat proyek menulis? Banyak sekali caranya. Anda bisa memasang iklan melalui blog atau sosial media. Lalu, bisa juga mencari situs-situs untuk para freelancer. Di sana, yang perlu anda lakukan hanyalah registrasi dan memiliki akun sendiri. Setelah itu, masukan keahlian yang anda miliki. Jika mahir menulis, maka nanti akan mendapatkan notifikasi job yang sedang dibutuhkan. Gampang, kan?
    Setelah mendapat proyek menulis dari klien, anda bisa menego harga yang cocok bagi kedua belah pihak. Setelah terjadi kecocokan, anda tinggal mengerjakan proyek menulis tersebut. Dan, uang pun akan segera anda dapatkan. Yah, ini benar-benar tidak perlu keluar modal uang. Hanya memanfaatkan keahlian yang dimiliki.
    Nah itulah beberapa bisnis tanpa modal yang bisa anda lakukan. Sebenarnya bukan tanpa modal sama sekali. Yang lebih tepat modal materi yang sangat minim. Selain itu, modal yang utama adalah keahlian yang bisa anda jual kepada klien. Pada intinya, gali terus peluang usaha di sekitar. Sebenarnya jika anda pandai-pandai menggali, banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal besar. Kemudian, jangan berhenti belajar dan berusaha terus-menerus hingga bisnis anda berhasil dan berkembang pesat. Manfaatkan sekecil apapun peluang, ditambah dengan bantuan teknologi, serta keahlian anda akan membuat bisnis tanpa modal ini akan menghasilkan rupiah bagi anda. Selamat mencoba!
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *