Langkah Sukses Memulai Usaha Percetakan

Usaha percetakan sepertinya tak pernah ada matinya. Bisnis ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan hadirnya percetakan digital yang membuat pengerjaan orderan bisa dalam jumlah satuan dan jumlah banyak yang diselesaikan dalam waktu singkat. Selain itu, usaha percetakan digital lebih murah dari segi pembuatannya.

Sangat mudah bagi kita menjumpai usaha percetakan di berbagai sudut kota dan pedesaan. Usaha percetakan memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Berdasarkan analisa penulis, usaha percetakan baru terus muncul di perkotaan dan pedesaan terpencil. Yang paling sering di pesan biasanya ialah undangan pernikahan. Apakah anda salah satu orang yang akan memesan undangan pernikahan? Atau mungkin anda justru ingin memulai membuka usaha percetakan ? jika ia, anda bisa mempertikan beberapa informasi

Langkah Awal Memulai Usaha Percetakan

Untuk membuka usaha percetakan, langkah pertama adalah anda harus ter;ebih dulu menentukan jenis usaha percetakan yang hendak dipilih. Mau usaha percetakan digital, offset atau percetakan sablon. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Untuk pemula anda bisa memulai usaha percetakan digital karena lebih sedikit modal usaha yang dibutuhkan, bisa mencetak dalam jumlah banyak dan satuan, hasil produksi lebih bagus dan rapi dalam jumlah banyak, pengerjaan cepat dan lain sebagainya.

Karena bisnis percetakan termasuk usaha pelayanan dalam bidang jasa, maka pelayanan yang memuaskan bagi konsumen harus diperhatikan. Seperti hasil cetakan yang rapi, bagus, cepat dan tepat waktu.

Selain itu, pelayanan harus ramah, bersahabat dan respon cepat. Harga yang ditawarkan harus lebih murah dari pesaing. Karena saat ini konsumen lebih pintar. Ia bisa mencari usaha percetakan yang memberikan harga paling murah.

Hal tersebut di atas harus dilakukan tak terlepas dari citra baik yang harus dijaga dari segi harga dan kualitas serta pelayanan. Sehingga serumit apapun orderan maka anda harus menerimanya dengan cara melemparkan orderan ke usaha percetakan lain yang lebih sanggup mengerjakannya. Sehingga konsumen puas atas pelayanan usaha percetakan anda dan terlihat pelayanan sangat lengkap.

Cara lain untuk berhasil dalam bisnis percetakan bagi pemula adalah membuka usaha percetakan di tempat strategis. Misalkan pinggir jalan yang ramai, sekitar pusat keramaian orang, sekitar pusat usaha percetakan.

Kalau di Bandung daerah Pagarsih dan jalan suci. Jangan pernah mencoba membuka usaha percetakan di lokasi yang jauh dari pusat percetakan karena anda memerlukan promosi yang gencar. Konsumen akan ragu dengan bisnis percetakan sobat. Sebaliknya, jika usaha percetakan berada di pusat percetakan maka konsumen akan datang dengan sendirinya. Anda tak terlalu kesulitan dalam memperoleh konsumen.

 

Kenali Tahapan Proses Produksi Percetakan

Proses produksi percetakan tidak akan dapat Anda hapal diluar kepala ibarat Anda dapat menghapal siklus kehidupan rutin Anda sejak bangun tidur sampai tidur lagi nanti malam. Tahapan ini akan berjalan lancar dengan sendirinya, seiring proses matangnya usaha Anda menekuni bidang ini. Tapi, sebagai langkah awal; anda dapat menulis di diary kerja bagaimana skema tahapan yang harus dijalankan mulai dari tahap

  • Menerima order
  • Menganalisa order
  • Kalkulasi harga cetak
  • Komponen produksi yang diperlukan
  • Proses produksi
  • Quality controlling
  • Packing
  • Delivering
  • Pembayaran
  • After sales berupa pelayanan / service yang baik

 

Jenis Barang Hasil Cetakan

Berikut ini produk-produk percetakan yang bisa anda jual di toko percetakan offset maupun digital rumahan milik sobat, antara lain :

  1. Kartu Undangan Pernikahan atau Khitanan

Salah satu momen penting dalam kehidupan seseorang adalah menikah. Untuk mengundang orang-orang yang mereka cintai, orang yang hendak menikah membuat kartu undangan pernikahan.

Hal ini membuat usaha percetakan kartu undangan pernikahan laris manis. Dan setiap minggu ada saja orang yang akan menikah di satu daerah. Selain menyediakan jasa pembuatan kartu undangan perkawinan, anda pun bisa membuat kartu undangan khitanan.

  1. Formulir

Sebuah usaha pasti membutuhkan produk-produk percetakan seperti formulir. Anda bisa menyediakan jasa pembuatan formulir bagi suatu perusahaan. Yang meliputi kop surat, bon, amplop, kartu nama, sticker, label usaha, stofmap, poster, brosur, mug bergambar, kalender dll yang berwarna. Oleh sebab itu, anda bisa mendekati berbagai perusahaan skala besar maupun kecil yang berada di daerah anda untuk menawarkan jasa pembuatan formulir bagi perusahaan.

  1. Buku

Anda bisa menawarkan jasa cetak buku skala kecil maupun skala besar. Permintaan jasa percetakan buku saat ini meningkat pesat seiring dengan kebutuhan akan ilmu pengetahuan.

Pihak yang menggunakan jasa percetakan buku biasanya adalah pihak penerbit buku. Buku yang laris manis dicetak adalah buku soal-soal ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri dan soal-soal tes CPNS. Untuk menghemat biaya percetakan buku maka anda bisa menggunakan mesin percetakan digital.

 

Alat yang Harus Ada di Percetakan

Peralatan apa saja yang wajib dimiliki percetakan:

  1. Printer

Jika anda hendak membuka usaha percetakan tentu benda atau peralatan paling utama yang harus anda miliki adalah Printer, ya jelas printer ini sudah pasti dibutuhkan sebab bagaimana mungkin kita bisa membuka usaha percetakan kalau kita saja tidak memiliki mesni cetak (printer ).

  1. Memiliki perangkat Pc/Komputer/Laptop

Kalau untuk percetakan pasti tidak bisa dihindari kebutuhan komputer sebagai media nya ya? Baik untuk proses pengeditan dokumen yang hendak di cetak, ataupun keperluan lain seperti mengedit foto pesanan pelanggan. Yang pasti usaha percetakan tidak mungkin bisa dijalankan tanpa perangkat komputerisasi.

  1. Gunting dan cutter

Gunting dan Cutter juga merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki kalau anda hendak membuka usaha percetakan, karena Gunting dan cutter sangat sering dibutuhkan dalam proses pemotongan kertas atau gambar, misal: Untuk memotong Foto, memotong pinggiran kertas yang tidak rapih, dan sebagainya.

  1. Pemotong kertas/papper cutter

Pemotong kertas yang saya maksud disini adalah pemotong kertas jepit yang besar dan bisa digunakan untuk memotong kertas tebal dalam jumlah banyak sekalian.

  1. Stapler/steples

StaPles yang di butuhkan biasanya ada beberapa jenis berdasarkan keperluannya, yaitu:

  • Staples kecil digunakan untuk menstaples dukumen dalam jumlah yang sedikit/tipis.
  • Staples sedang biasanya digunakan untuk dokumen cetak yang lumayan tebal.
  • Sedangkan staples yang besar untuk dokumen yang tebal seperti karya ilmiah, skripsi dan lain-lain.
  1. Mistar/Penggaris dan lakban hitam

Mistar besi/penggaris besi biasanya digunakan untuk mempermudah proses pemotongan tepi oleh cutter, tujuan penggunaannya ya tentu saja agar hasil pemotongan tepi pada laporan yang telah kita jilid/cetak akan rapi. Sedangkan lakban hitam biasanya digunakan untuk menutupi sudut potong buku yang telah di stapler.

  1. Mesin FotoCopy

Ini juga sangat diperlukan dalam usaha percetakan.

  1. Luminating

Luminating biasanya diperlukan jika usaha anda sering melayani pembuatan dokumen dokumen penting misalnya seperti sertifikat tanah, piagam dan surat berharga lainnya

 

Bagi anda yang ingin memulai usaha percetakan yang langsung laris maka gunakan sistem jemput bola. Anda bisa melihat celah peluang orderan dari teman, anggota keluarga, rekan kerja, perusahaan di sekitar, instansi pemerintah swasta dan negeri dll. Dekatilah mereka dan awarkanlah jasa percetakan sobat dengan berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki.

Semoga informasi seputar usaha percetakan yang sudah disampaikan di atas bermanfaat. Terima kasih sudah membaca, dan bagi Anda yang ingin mencoba memulai semoga berhasil yaa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *