Langkah Sukses Memulai Usaha Konsultan

Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain.

Usaha konsultan adalah salah satu pilihan usaha yang mengandalkan keahlian atau ketrampilan Anda sendiri. Bisnis ini menggunakan keterampilan yang Anda miliki sebagai modal untuk membantu memecahkan masalah orang lain. Saat ini usaha konsultan di Indonesia mulai bermunculan, mulai dari jasa konsultan keuangan, bisnis, pendidikan, atau bidang teknologi.

Pekerjaan konsultan ini sebenarnya memerlukan keahlian dan ketrampilan tinggi karena konsultan harus bisa mengidentifikasi dan mendiagnosa masalah. Seorang konsultan harus dan wajib untuk mampu berpikir out of the box dan obyektif dalam menghadapi masalah klien mereka.

Setelah berhasil mengidentifikasi akar permasalahan tersebut, maka akan ditawarkan beberapa alternatif jalan keluar dan solusi dari segala aspek beserta dengan konsekuensi yang ada apabila solusi tersebut dipilih. Karena inti dari pekerjaan ini adalah solving problem atau seorang problem solver.

Langkah apa saja yang harus dilakukan jika Anda ingin merintis usaha konsultan?

1. Mendapatkan Reputasi

Layaknya bisnis lainnya, usaha jasa konsultan ini juga membutuhkan batu loncatan atau langkah awal untuk membangun reputasi atas jasa yang ditawarkan pada konsumen. Tidak memilih-milih job yang menghampirinya, yang terpenting adalah niat dan kemauan dalam menjalani proses awal tersebut. Jika modal Anda terbatas, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk bekerja sebagai single fighter demi menghemat keuangan Anda.

Tawarkan jasa konsultan Anda pada orang-orang terdekat di lingkungan Anda, seperti teman kuliah, keluarga, atau kolega. Mengerjakan job yang diberikan dengan layanan yang maksimal, tulus, dan profesional, meskipun pada awalnya keuntungan yang didapat tipis, namun langkah tersebut adalah usaha untuk membangun kepercayaan dan reputasi Anda sebagai konsultan terpercaya.

Tidak semua usaha dapat berjalan lancar, tetapi hal tersebut yang menempa Anda untuk semakin memahami dan mendapatkan pengetahuan baru sehingga kemampuan Anda dalam mengolah dan menganalisa masalah klien akan terus terasah.

2. Mencari partner kerja

Partner kerja diperlukan untuk membangun branding agar jasa Anda dikenal banyak orang. Demikian juga dalam mengelola usaha konsultan yang sangat membutuhkan networking untuk membentuk image usaha Anda bahwa jasa konsultan Anda layak diperhitungkan. Jika pada poin pertama Anda membangun jaringan dari orang -orang terdekat, maka setelah itu Anda perlu ekspansi dengan melebarkan jaringan.

Partner kerja ini tidak selalu secara perorangan, namun juga bisa dengan beberapa perusahaan. Dengan membangun jaringan pemasaran yang terpadu, maka jasa Anda akan dikenal banyak orang. Selain itu dengan menjalin kemitraan maka potensi permasalahan yang harus Anda pecahkan akan semakin beragam. Namun dari sisi waktu dan tenaga dapat memperingan pekerjaan Anda dengan adanya rekan kerja.

3. Jasa konsultan yang spesifik

Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah, namun lebih baik Anda fokus pada satu bidang saja. Dengan menentukan bidang yang spesifik maka akan membuat jasa konsultan Anda nampak profesional.

Misalnya; Anda hanya melayani jasa perencanaan keuangan keluarga, tentu saja Anda tidak akan menerima klien yang memiliki masalah rumah tangga, meskipun Anda memiliki kemampuan tersebut.

4. Out of the box marketing

Pemasaran memang tidak bisa dilepaskan dari dunia usaha. Untuk itu Anda perlu meluangkan waktu untuk menentukan strategi pemasaran yang jitu. Memanfaatkan fasilitas internet sebagai sarana promosi awal yang low budget dan efisien karena jasa konsultan Anda dapat dikenal secara luas.

Anda bisa memberikan saran secara gratis pada pengunjung web Anda yang mengajukan pertanyaan yang bersifat umum. Jika pertanyaan yang harus dipecahkan semakin rumit, maka mereka akan menghubungi Anda secara personal.

Memberikan saran gratis merupakan sarana promosi untuk menunjukan kualitas Anda dalam memecahkan masalah. Untuk lebih memperluas jaringan, maka Anda harus aktif mengikuti forum atau eksis di medsos.

Poin-poin diatas dapat Anda gunakan sebagai landasan untuk merintis usaha konsultan. Keberhasilan usaha Anda juga ditentukan seberapa keras upaya Anda untuk mewujudkannya. Selain itu kemampuan Anda dalam mengolah peluang juga turut menentukan keberhasilan bisnis Anda., pendidikan, atau bidang teknologi.

 

Berbagai Macam Tugas dan Jenis Konsultan

Bidang Marketing

Bila suatu perusahaan mempunyai masalah dalam dalam bidang pemasaran dan menyadari bahwa mereka memerlukan opini berbeda dari perpektif luar, maka perusahaan ini akan mempekerjakan konsultan marketing.

Konsultan marketing ini akan membantu eskskutif senior dalam menggali pemahaman dan pengertian terhadap sebuah masalah dan menghadapi tantangan strategis dalam bidang marketing perusahaan mereka.

Konsultan pemasaran ini akan bekerja sama dengan eksekutif senior seperti marketing manager, product manager bahkan sales manager dalam merumuskan suatu strategi pemasaran yang cocok untuk permasalahan perusahaan tersebut dan rencana jangka panjang maupun jangka pendek yang akan dilakukan. Sebagian konsultan pemasaran di minta untuk mendampingi perusahaan pada masa implementasi.

Bidang Kuliner Restoran dan Makanan

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan ingin menentukan bagaimana restoran yang kita kelola mampu  melakukan penghematan bumbu dan bahan baku tanpa merubah menu dan resep masakan atau ingin memperbaiki sistem pelayanan pada konsumen maka anda dapat meminta bantuan perusahaan konsultan operasi atau Operations Consulting.

Atau bila  perusahaan anda ingin memperbarui proses pembelian dan rantai pasokan dari pabrikan dan supplier, maka anda juga membutuhkan konsultan operasi. Konsultan ini memiliki ciri khas secara umum untuk membantu implimentasi dari saran-saran mereka dalam membuat suatu sistem operasi menjadi efisien.

Konsultan operasi ini lebih berfokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fulfillment, atau customer service. Contoh konsultan jenis ini antara lain: Accenture, Cap Gemini Ernst & Young, dan Deloitte consulting.

Bidang Sumber Daya Manusia

Human Resources (HR) Consulting atau  konsultan sumber daya manusia adalah konsultan yang memfokuskan diri pada upaya-upaya untuk memaksimumkan nilai sumber daya manusia di suatu  perusahaan dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan bidang pekerjaan yang tepat dengan melakukan wawancara atau membuka lowongan pekerjaan sehingga kesuksesan perusahaan bisa dicapai dengan dukungan karyawan yang solid.

Hal ini disadari mengingat  perusahaan banyak berinvestasi pada human capital, sumber daya manusia dan berharap banyak dari investasi tersebut.Keterlibatan konsultan sumber daya manusia  bisa dimulai sejak proses rekrutmen, melakukan training dan development, memberikan jasa konseling, menyusun paket gaji, renumerasi, tunjangan, fasilitas dan struktur kompensasi karyawan, membangun kultur dan komunikasi dalam perusahaan, dan sebagainya. Beberapa contoh konsultan bidang ini seperti Hewitt Associates, Towers Perrin, Watson Wyatt Worldwide, dan Mercer HR.

Bidang Strategi dan Perencanaan

Konsultan strategi biasanya mendampingi eksekutif papan atas seperti direktur, komisaris dan CEO dari suatu perusahaan dalam menggali masalah, memahaminya dan menghadapi tantangan strategis menyeluruh dari suatu perusahaan.

Konsultan strategi ini membantu para eksekutif senior maupun pemilik perusahaan dalam nerumuskan strategi jangka panjang dari perusaaan tersebut. Beberapa hanya memberikan rekomendasi dan melakukan presentasi, ada juga  sebagian  lain dituntut untuk tetap terlibat dan mengawasi selama proses implementasi.

Bidang Teknologi Informasi.

Konsultan IT bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut mendukung  proses bisnis mereka. Contoh proyek  yang ditangani oleh IT consulting firms/konsultan IT misalnya menguji vulnerability sistem internet banking sebuah bank, instalasi dan troubleshooting modul-modul ERP, menangani konversi database pelanggan ke server berbasis Oracle, dan sebagainya.

Bidang Internet dan Programming.

E-Consulting adalah konsultan yang menangani masalah-masalah yang menyangkut e-business dan e-commerce dalam skala yang luas. E-business biasanya adalah suatu  kegiatan bisnis yang dijalankan secara online, sementara e-commerce umumnya merupakan kegiatan yang melibatkan transfer unit keuangan melalui media elektronik/internet.

Beberapa konsultan bidang ini antara lain Digitas, Razorfish, dan Sapient. Mereka memiliki spesialisasi mulai dari front-end design (programming, desain grafis) hingga valuasi, branding, marketing, jasa B2B, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki keahlian dalam salah satu bidang diatas dan akan memulai usaha konsultan di bidang yang dikuasai tersebut. Jangan lupa bahwa kamu harus benar-benar ahli dalam bidang tersebut, memiliki passion yang kuat dan juga dapat bersaing dalam mengejar keunggulan..

Demikian ulasan mengenai usaha konsultan. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar usaha konsultan atau mungkin yang ingin memulai usaha konsultan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *