Digital Marketing untuk Orang yang Gaptek Banget

Dalam setiap usaha, cara penjualan atau strategi marketing yang dilakukan umumnya dengan cara penjualan langsung di tempat, dari mulut ke mulut, atau penawaran langsung melalui door to door. Sebagian anak muda mungkin sudah mengenal penjualan melalui online yang dipasarkan melalui media sosial.

Namun masih banyak pula yang belum memahami secara jelas media online apa saja yang bisa dimanfaatkan, terlebih bagi orang yang berusia setengah baya, gaptek atau tidak terlalu kenal dengan teknologi, dan orang yang tinggal di pedalaman.

Hal ini pula yang mempengaruhi perekonomian di negara kita, dimana ada banyak produk yang berkualitas namun kesulitan dalam pemasaran karena belum memanfaatkan semua peluang yang ada termasuk peluang dengan digital marketing.

Padahal pemasaran secara online terbukti mampu meningkatkan pencapaian sekaligus menambah ilmu marketing. Penjualan secara online sendiri dikenal dengan nama digital marketing, bagi Anda yang belum mengetahui secara detail atau selama ini memang merasa kurang tertarik dengan teknologi, penjelasan berikut dapat memberi pemahaman lebih lanjut dan meningkatkan ketertarikan Anda.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing (sumber: https://www.simplilearn.com)

Digital marketing ialah penjualan atau aktifitas promosi suatu produk penjualan yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Beberapa tahun yang lalu, mungkin media digital belum terlalu banyak digunakan dimana sarana yang ada terbatas hanya seperti televisi dan radio. Beda halnya dengan jaman sekarang, hampir semua orang sudah mengenal handphone dan internet bahkan digunakan untuk aktifitas vital sehari hari.

Perubahan itulah yang menjadi awal mulanya digital marketing, hampir semua orang berkomunikasi dan mencari informasi melalui media digital seperti browsing daripada mencarinya di buku, selain lebih mudah dan cepat, informasi melalui digital juga lebih luas sebab informasi tersedia dari belahan dunia manapun.

Keunggulan Digital Marketing

Bagi Anda yang saat ini menjalankan usaha dan merasa sudah cukup dengan pencapaian dari hasil penjualan secara offline atau penjualan langsung di tempat, mungkin Anda bertanya untuk apa Anda harus mulai mengenal dan menekuni strategi pemasaran dengan digital marketing, berikut keunggulan digital marketing yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Dapat diukur lebih tepat.

Jika Anda melakukan promosi melalui selebaran, Anda tidak akan tahu seberapa banyak informasi tersebar, sedangkan dengan digital marketing, Anda dapat mengetahuinya dari jumlah pengunjung atau calon pembeli yang melihat iklan yang Anda buat.

Memudahkan evaluasi.

Dengan mudahnya melihat seberapa banyak orang tertarik pada iklan yang Anda buat, secara langsung Anda menjadi mudah megevaluasi tentang strategi yang Anda buat dan mengembangkannya.

Area penjualan lebih luas.

Anda tidak mungkin bisa menjangkau seluruh dunia dengan melakukan penjualan secara manual atau langsung, namun dengan digital marketing, Anda bisa melakukannya, produk Anda dapat dilihat calon pembeli dari belahan dunia manapun.

Menghemat biaya.

Penggunaan digital marketing jelas akan jauh menghemat biaya, Anda tidak perlu keluar uang untuk berkeliling, Anda dapat melakukan promosi dari manapun yang Anda mau.

Cara Memulai Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing dan keunggulannya, mungkin sekarang Anda mulai tertarik namun belum mengetahui bagaimana melakukannya? Nah, Anda dapat memulainya dengan tahap berikut.

Pilih media.

Dalam memulai digital marketing untuk yang gaptek banget atau belum terlalu mengenal teknologi, Anda dapat memulai dari meda sosial yang paling awam seperti Facebook dan Instagram.

Jika Anda terbiasa menggunakan untuk sekedar posting foto, mulai dengan posting mengenai produk dan pelajari mengenai cara menampilkan produk dengan menarik. Selanjutnya Anda dapat memperluas dengan menggunakan media lain seperti blog dan website.

Pada tahap awal, Anda memang harus banyak membaca, Anda bisa mendapatkan referensi atau ilmunya dari buku, informasi dari orang yang lebih ahli, atau belajar secara otodidak melalui internet. Ada banyak referensi tentang digital marketing, Anda tidak akan kesulitan jika terus mempelajarinya.

Optimalkan akun.

Optimalkan akun media yang Anda miliki untuk sebanyak mungkin berisi tentang produk Anda, mulai dari deskripsi, gambar, penjelasan, dan sertai dengan promosi atau penawaran untuk lebih banyak menarik calon pembeli. Anda dapat membuat akun khusus sesuai dengan nama usaha Anda agar lebih mudah dikenali dan mudah dicari.

Perluas jaringan.

Jangan berhenti pada satu media promosi atau akun walaupun Anda merasa sudah cukup memiliki pencapaian, tidak ada salahnya terus meningkatkan pencapaian dan kesuksesan Anda. Perluas jaringan dengan lebih banyak promosi agar produk Anda juga semakin banyak dikenal oleh orang banyak.

Gunakan jasa digital marketing.

Jika Anda masih merasa bingung dan kesulitan untuk memulai digital marketing, Anda dapat mengambil alternatif dengan menggunakan jasa digital marketing. Dengan memanfaatkan jasa tersebut, Anda hanya perlu menentukan ide dan melakukan evaluasi tentang promosi yang dibuat oleh penyedia jasa.

Keunggulannya memang Anda tidak repot dan tidak terjun secara langsung, namun jika tidak berperan langsung, Anda juga menjadi kurang kontrol akan konten atau promosi yang disampaikan. Memang melakukan secara pribadi akan kebingungan pada awalnya, tapi Anda bisa mengevaluasi secara langsung dan terus mengembangkan sesuai keinginan. Pilihan tergantung pada Anda, tentukan yang termudah dan tekuni.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *