Cara Mengajukan Modal usaha ke Investor

Jika berbicara masalah investor, pastinya hal yang berkaitan dengan uang. Yah, uang dan modal usaha tentunya. Pastinya ini sangat menarik dalam melakukan sebuah usaha. Banyak orang memiliki ide usaha namun terhambat dengan tidak adanya modal usaha yang memadai. Misalnya, anda ingin membuat usaha konveksi dengan modal yang telah dihitung-hitung mencapai seratus juta rupiah. Jika tidak ada modal, tentunya anda bingung mau mencari modal usaha ke mana. Nah, di sinilah peran para investor.

Secara garis besarnya, investor akan menginvestasikan uangnya sebagai modal usaha anda, meskipun usaha itu belum berjalan. Jika ditelaah saat ini dengan perkembangan zaman yang kian maju, banyak investor berbondong-bondong menginvestasikan uangnya untuk modal usaha bagi mereka yang kekurangan. Namun, mencari investor tidaklah mudah. Jenis usaha dan prospek perkembangannya menjadi bahan pertimbangan bagi para investor.
Sebelum lebih lanjut pada cara mendapat modal usaha dari investor, ada baiknya anda mengenal jenis-jenis investor. Ini berguna agar tidak salah dalam memililih investor nantinya. Secara umum, investor terbagi menjadi dua, yaitu investor amatir dan investor pro.

Investor amatir adalah investor yang orientasinya hanya pada keuntungan jangka pendek. Biasanya investor model ini selalu menanyakan berapa keuntungan yang mereka dapat dari hasil uang yang telah diivestasikan. Investor seperti ini biasanya datang dari orang lingkungan terdekat. Yah bisa aja dari keluarga, teman, kerabat, atau orang lainnya yang berada disekitar. Tipe investor seperti ini hanya mementingkan keuntungan mereka semata. Intinya, mereka sangat siap untuk mendapat untung, tapi tidak siap jika merugi.

Selanjutnya adalah investor pro. Investor pro atau juga disebut investor profesional biasanya orang yang benar-benar paham tentang bisnis dan berbagai macam usaha. Mereka juga paham jika dalam berbisnis pasti ada untung dan rugi. Itu sudah pasti. Lebih lanjut lagi, investor profesional juga telah mempersiapkan cara dan strategi agar usaha yang dijalankan bisa berhasil dan sukses. Biasanya mereka memberikan modal usaha dengan uang yang tidak terpakai atau mengendap. Jadi, meski uang mereka investasikan untuk modal usaha, tidak akan mempengaruhi biaya operasional kehidupan sehari-hari mereka. Berbeda dengan investor amatir, biasanya uang yang diinvestasikan adalah uang untuk mereka hidup sehari-hari.

  1. Nah, setelah anda mengetahui jenis-jenis investor, tentunya anda ingin ada investor yang mau mendukung usaha anda, kan? Perlu ada strategi dan trik agar mendapat investor yang mau memberikan modal usaha.
    Menjabarkan permintaan pasar
    Sebelum anda berpikir jauh mengenai modal usaha yang cukup, baiknya matangkan dulu jenis usaha apa yang ingin ditawarkan kepada investor. Buatlah semacam proposal yang menarik dan detail supaya bisa dijelaskan kepada calon investor dan mereka tertarik. Kemudian, buatlah gambaran mengenai gambaran pasar dan permintaan pasar apakah memiliki prospek yang bagus atau tidak.
    Anda juga harus memastikan usaha yang ingin dijalankan sudah memiliki pasar yang bagus. Jika tidak, ini akan membuat usaha menjadi stagnan. Pastikan juga pasar dari usaha ini memiliki daya jangkau yang luas sehingga banyak permintaan yang masuk dan pada akhirnya usaha semakin berkembang. Perhatikan juga dari kalangan apa yang bisa menggunakan atau membeli produk usaha anda, apakah dari kalangan menengah saja, kalangan atas saja, kalangan menenag ke atas, atau semua kalangan.
  2. Memiliki manajemen yang baik
    Setelah ide bisnis sudah ada dan target pasar sudah jelas, maka selanjutnya adalah membentuk tim manajemen yang solid. Untuk mendapat modal usaha dari investor, target pasar saja tidak cukup. Perlu adanya sumber daya manusia yang mampu bekerja untuk mencapai target bersama. Pastikan tim manajemen anda sudah teruji dan benar-benar bagus. Selain itu, dengan tim manajemen yang andal dan memiliki track record yang bagus, investor akan lebih percaya dengan usaha anda sehingga mereka mau memberikan modal usahanya. Ini mutlak harus dilakukan
  3. Memaparkan risiko usaha
    Sebenarnya cara mencari investor yang baik adalah dengan tidak mengumbar-umbar keuntungan yang besar. Sebab, bisnis apapun ada potensi untuk mendapat rugi. Selanjutnya adalah memaparkan risiko usaha sejelas mungkin cari investor yang benar-benar siap untuk untung dan rugi. Oleh sebab itu, paparkan sejelas mungkin potensi yang bisa didapat jika investor memberikan uangnya untuk modal usaha. Yah, tujuannya jelas, agar tim manajemen dan investor bisa memberikan antisipasi dan solusi dengan adanya potensi kerugian.
  4. Mampu mendobrak pasar
    Nah, ini juga penting dilakukan oleh anda sebagai owner atau pemilik usaha. Pemilik usaha harus mampu memberikan dobrakan-dobrakan atau startegi untuk mendobrak pasar. Jika itu dilakukan, maka usaha atau bisnis yang anda jalani memiliki nilai lebih di mata konsumen. Jadi, bisnis yang sedang dijalankan tidak sama dengan bisnis sejenis orang lain. Buatlah keunikan dan perbedaan untuk menarik konsumen. Sebab perbedaan dan keunikan itu mampu mendatangkan profit yang besar. Jelaskan pada investor bahwa anda benar-benar mampu mengembangkan bisnis ini. Yah, modal usaha siap-siap saja segera dikucurkan oleh investor.
  5. Menjelaskan risk dan reward relationship
    Nah, ini hampir-hampir mirip dengan poin ketiga di atas. Jelaskan risiko! Dengan menjelaskan risiko yang mungkin muncul, maka strategi untuk mengantisipasi pun juga bisa disiapkan. Jelaskan kepada investor sedetail mungkin supaya mereka juga bisa membantu mengantisipasi potensi kerugian. Intinya, untuk mendapat modal usaha dari investor, jangan tutup-tutupi potensi kerugiannya. Jelaskan saja secara gamblang! Investor biasanya menyukai orang yang detail dan ini juga menjadi bahan pertimbangan mereka untuk memberikan modal usaha.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan jika ingin mendapat modal usaha dari investor. Pahami dulu semuanya, lalu carilah investor yang tepat untuk usaha anda. Dengan begitu, investor dan anda bisa bekerja sama dengan baik agar bisnis terus berjalan dan mampu mendatangkan profit yang besar. Dan, ingat! Carilah investor yang mau sama-sama untung atau rugi. Jika maunya untung saja, tentu itu akan merugikan anda sebagai pemilik usaha. Mendapat modal usaha itu tidak terlalu rumit asalkan tahu caranya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *