Cara Mendapat modal usaha dari Koperasi

Akhir-akhir ini menjadi seorang pengusaha adalah kecenderungan baru masyarakat. Mereka mulai sadar akan pentingnya membuat usaha sendiri. Terbukti dengan tumbuhnya usaha kecil menengah (UKM) yang kian hari semakin banyak. Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain jenis usaha, modal usaha yang cukup juga sangat menentukan maju tidaknya sebuah usaha. Nah, bagi anda yang ingin memiliki usaha dan tidak memiliki modal usaha yang cukup, koperasi memberikan kemudahan untuk anda mendapat modal usaha.

Banyak kemudahan yang diberikan oleh koperasi kepada pelanggannya untuk mendapat modal usaha. Selain itu, mendapat modal usaha di koperasi juga tidak serumit dan sesulit mendapat modal usaha dari bank. Yah, selama ini untuk mendapat modal usaha terkesan sangat sulit dan hampir tidak bisa. Padahal kenyataannya tidak begitu jika meminjam modal usaha di koperasi. Nah, untuk mengenal lebih jauh seputar koperasi, alangkah baiknya anda mengenal kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh koperasi. Yah, ini berguna bagi anda yang ingin mendapat modal usaha dari koperasi. Adapun kelebihan meminjam modal usaha di koperasi adalah:

  1. Pencairan dana yang mudah
    Meminjam uang di koperasi tidaklah rumit. Selain itu pencairan dana pun sangat mudah. Berbeda dengan bank yang berbelit-belit dan membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Tidak bisa dipungkiri, orang-orang mungkin termasuk anda ingin proses pencairan dana yang cepat dan mudah.
  2. Bunga sangat rendah
    Dengan bunga yang rendah tentunya menjadi keinginan para peminjam. Yah, intinya mereka tidak perlu terbebani dengan bunga yang besar ketika mengembalikan uang ke koperasi. Ini sungguh sangat menguntungkan dibanding di bank dengan bunga yang cukup tinggi.
  3. Proses cepat
    Yang paling orang tidak suka saat melakukan pinjaman adalah proses yang lama. Yah, ini membuat waktu mereka terbuang banyak sehingga mereka berpikir ulang untuk melakukan peminjaman. Di koperasi, proses peminjaman tidak memakan waktu lama. Yah, intinya lebih cepat dari lembaga keuangan yang lainnya.
  4. Mekanisme peminjaman yang mudah
    Banyak orang mengeluh ketika melakukan peminjaman dengan mekanisme yang rumit dan bertele-tele. Selain membuang banyak waktu, tenaga dan pikiran pun menjadi terkuras. Nah, saat meminjam uang di koperasi, hal itu dijamin tidak akan terjadi. Yah, karena mekanisme peminjaman di koperasi sangatlah mudah dan tidak memakan waktu.
  5. Persyaratan tidak rumit
    Jika melakukan peminjaman di bank, pasti banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi. Harus mengumpulkan berkas ini dan itu. Tentunya itu membuat orang ogah untuk melakukan peminjaman. Koperasi menwarakan persyaratan yang gampang dan bisa dipenuhi oleh seluruh lapisan masyarakat.
  6. Tidak ada jaminan
    Nah, tentunya ini yang diinginkan oleh semua orang. Tidak ada jaminan. Di koperasi, jaminan tidak diperlukan asalkan semua persyaratan sudah memenuhi aturan koperasi. Enak sekali!

Setelah anda mengetahui dan memahami kelebihan dari koperasi, tentunya anda ingin mendapat modal usaha dari koperasi, bukan? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar koperasi benar-benar mau mengucurkan dananya untuk modal usaha. Ada 7 hal yang perlu anda lakukan agar mendapat pinjaman untuk modal usaha yang anda impikan. 7 hal tersebut antara lain:

  1. Punya contact person marketing koperasi
    Jika anda memiliki teman, tetangga, atau kerabat yang bekerja sebagai marketing koperasi tentunya sangat menguntungkan. Ini akan mempermudah anda untuk segera mendapat pinjaman modal usaha. Jika tidak memiliki teman yang bekerja sebagai marketing koperasi, carilah informasi contact marketing sampai dapat. Atau anda bisa datang langsung ke koperasi yang kredibel dan bisa dipercaya. Selain itu, carilah koperasi yang mampu melayani pelanggan dengan baik. Dengan begitu, mendapat modal usaha tinggal menunggu waktu saja.
  2. Cari informasi tentang koperasi
    Datanglah ke koperasi dan sampaikan niat anda untuk meminjam uang sebagai modal usaha. Gali informasi sedetail mungkin di customer service agar anda benar-benar paham bagaimana caranya mendapat modal usaha. Biasanya jika anda belum pernah meminjam di koperasi, koperasi akan memberikan pinjaman antara 500.000 hingga 1.000.000 rupiah. Namun jika sudah beberapa kali meminjam dan track record transaksi bagus, maka pihak koperasi akan memberikan modal usaha yang lebih besar lagi.
  3. Siapkan data yang diperlukan
    Semua lembaga keuangan yang meminjamkan uang, lebih-lebih untuk modal usaha pasti membutuhkan dokumen-dokumen yang perlu dikumpulkan. Misalnya saja kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Pihak koperasi akan memberikan informasi apa saja data yang diperlukan agar mendapat modal usaha.
  4. Rekomendasi dari orang
    Sebisa mungkin carilah orang, bisa teman, tetangga, atau kerabat yang pernah meminjam dana di koperasi. Tentunya dengan track record yang baik. Ini berguna sebagai rekomendasi untuk meyakinkan pihak koperasi jika anda layak untuk mendapat pinjaman modal usaha.
  5. Menjadi anggota koperasi
    Untuk lebih mempermudah mendapat pinjaman untuk modal usaha, alangkah baiknya dengan menjadi anggota koperasi. Tentunya anda tetap bisa meminjam uang tanpa menjadi anggota koperasi dengan ketentuan yang ada. maka dari itu, jadilah anggota terlebih dahulu supaya mempermudah untuk segera mendapat modal usaha.
  6. Melakukan pengajuan
    Setelah menjadi anggota, maka tahap selanjutnya adalah proses pengajuan. Ya, proses pengajuan ini tentunya dengan data-data yang telah disiapkan. Pada umumnya, prosedur pengajuan modal usaha di koperasi biasanya dilakukan secara lisan maupun tertulis.
  7. Menunggu proses dan pencairan dana
    Ini yang paling ditunggu-tunggu. Setelah pengajuan dilakukan dengan data-data yang lengkap, maka tahap berikutnya adalah menunggu persetujuan. Dan proses persetujuan ini tidak terlalu lama. Yah, tidak selama menunggu di bank.
    Jika pengajuan anda disetujui, dana pencairan biasanya diberikan secara tunai atau ditransfer ke rekening bank yang telah disepakati. Dan, ini pun tergantung dari besar kecilnya pinjaman dan mekanisme yang berlaku di koperasi tersebut.

Nah, itulah manfaat dan cara agar anda bisa mendapat modal usaha dari koperasi. Tunggu apa lagi! Jika anda sampai saat ini belum terdaftar menjadi anggota koperasi, maka daftarlah secepatnya. Yah, semakin cepat menjadi anggota semakin cepat pula anda mendapat modal usaha. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *