8 Langkah Membuka Usaha Ayam Bakar

Memiliki usaha sendiri adalah dambaan setiap orang. Yah, namun kadang mereka bingung untuk memulai usaha apa. Eits, anda tidak perlu bingung lagi. Salah satu usaha yang sangat menguntungkan akhir-akhir ini adalah usaha ayam bakar. Usaha ini memiliki modal minim seperti usaha modal kecil lainnya (usaha bubur ayam, nasi goreng, bakso, dan lain-lain).

Usaha ayam bakar adalah usaha yang memiliki prospek yang sangat baik. Yah, seperti diketahui ayam merupakan makanan yang sangat cocok di setiap lidah masyarakat. Lebih-lebih saat ini konsumsi ayam semakin meningkat saja. Tentu ini menjadi peluang yang sangat menggiurkan untuk membuka usaha ayam bakar. Selain bisa diterima oleh setiap lidah, harga ayam bakar juga relatif terjangkau oleh semua kalangan.

Untuk memulai usaha ayam bakar, tentunya anda tidak asal dalam membuka usaha ini. Perlu adanya cara dan panduan agar benar-benar bisa mengembangkan dan mendapat keuntungan tentunya. Nah, di bawah ini akan dibahas langkah-langkah membuka usaha ayam bakar. Ada 8 langkah yang harus anda ketahui dan pahami. 8 langkah tersebut, antara lain:

  1. Menyiapkan modal

Modal yang cukup akan menentukan usaha jalan atau tidaknya. Oleh sebab itu, siapkanlah modal yang cukup sesuai dengan apa yang telah diperhitungkan untuk mencukupi kebutuhan usaha. Misalnya untuk membeli bahan baku, membeli peralatan dan perlengkapan, membayar karyawan (jika memiliki karyawan), sewa temapt usaha (jika sewa), biaya promosi, dan biaya-biaya lainnya. Semua itu harus dihitung dengan matang agar modal yang dikeluarkan mencukupi. Sekali lagi, siapkanlah modal yang memadai untuk membangung usaha ayam bakar anda.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Memilih lokasi usaha yang tepat bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Yah, asalkan anda tahu di mana tempat-tempat yang ramai. Misalnya anda bisa membuka usaha di pemukiman padat penduduk, di jalan utama, stasiun dan terminal, dan masih banyak lainnya. Memilih lokasi yang tepat sangat menentukan perkembangan usaha ayam bakar anda. Jika bisa memilih lokasi yang ramai, tentu saja akan semakin mudah menggaet pembeli. Demikian juga sebaliknya, jika salah memilih lokasi bisa membuat usaha anda tidak berkembang. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang tepat dan memiliki pasar yang luas juga.

  1. Menyiapkan perlengkapan usaha

Untuk membuka usaha ayam bakar, pastinya anda memerlukan perlengkapan dan peralatan yang memadai. Misalnya alat pembakar, piring, sendok, rice cooker (untuk memasak nasi), dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, siapkanlah peralatan dengan lengkap untuk menunjang usaha ayam bakar anda. Belilah peralatan dan perlengkapan yang harganya tidak terlalu tinggi namun memiliki kualitas yang baik.

  1. Memiliki resep yang enak

Supaya konsumen tertarik untuk membeli ayam bakar anda, sudah sewajarnya menyiapkan resep terbaik. Pertanyaannya, susahkah anda mempersiapkan resep terbaik tersebut? Jika belum, siapkanlah. Siapkan resep yang enak sesuai selera masyarakat. Berikut ini resep yang bisa dicoba untuk membuat ayam bakar, khususnya ayam bakar madu.

Bahan-bahan:

1 ekor ayam

1 sendok teh air jeruk nipis

2 sendok makan mentega (untuk menumis)

1 sendok teh pala bubuk

1 sendok makan air jeruk lemon

400 ml air

1 sendok teh garam

1 siung bawang bombay (dicincang halus)

4 sendok makan madu

1 sendok makan saus tomat

1 sendok makan gula palem atau gula aren (diserut)

½ sendok teh merica

 

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama satu jam.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan ayam, aduk hingga berubah warna.
  3. Masukkan madu, pala bubuk, saus tomat, air jeruk, lemon, gula palem, garam dan merica. Lalu aduk sampai rata.
  4. Tuangkan 400 ml air, masak sambil diaduk hingga meresap dan sisa air kira-kira 50 ml.
  5. Angkat ayam, lalu bakar selama 15-20 menit.

 

  1. Mencari mentor

Mencari mentor untuk usaha anda juga sangatlah penting. Yah, dengan adanya mentor bisa saja usaha anda semakin maju. Kemudian mentor bisa memberikan saran nasihat mengenai hal-hal yang perlu anda lakukan. Dan ingat, carilah mentor yang benar-benar paham akan usaha ini. Bisa saja anda mencari mentor kepada orang yang telah sukses dalam usaha ayam bakar. Misalnya anda mencari tahu bagaimana tips sukses Ayam Bakar Mas Mono bisa sukses. Belajarlah kepada Mas Mono bagaimana mengembangkan usaha ayam bakar. Mas Mono menjadi salah seorang mentor nasional dari Entrepreneur University (EU) dan sering berbagi tips sukses. Ikuti seminarnya atau menghubunginya langsung. Dengan begitu, usaha ayam bakar anda akan semakin cepat, maju, dan tentunya terarah.

  1. Menentukan harga

Selain rasa yang enak, pembeli juga biasanya mempertimbangkan harga. Jika harga sesuai maka mereka tidak akan segan-segan untuk membeli. Sebaliknya, jika harga terlalu mahal di atas pasaran mereka akan berpikir ulang untuk membeli. Nah, oleh sebab itu pasanglah harga ayam bakar yang kompetitif. Artinya, sama atau tidak jauh beda dengan harga ayam bakar di pasaran. Saat ini harga ayam bakar di pasaran antara 12.000 hingga 15.000. Nah, anda bisa mengecek langsung ke pasaran.

  1. Memberikan pelayan yang maksimal

Pelayanan yang baik harus diperhatikan. Sebab ini menentukan usaha anda di mata konsumen. Jika pelayanan baik, maka konsumen akan semakin senang. Jika sebaliknya, mereka tidak akan datang lagi untuk membeli. Selalu berbuat ramah kepada pembeli, selalu tersenyum, dan melayani dengan senang hati. Selain itu, suasana dan kebersihan tempat usaha juga harus diperhatikan. Selalu bersihkan agar tetap terawat dan enak dipandang tentunya. Jika sudah demikian, konsumen akan balik lagi suatu saat ini.

  1. Melakukan promosi

Untuk membuat usaha ayam bakar anda diketahui banyak orang tentu saja caranya dengan melakukan promosi. Promosi yang efektif dan efisien akan mendatangkan banyak pembeli. Lakukanlah promosi melalui sosial media seperti twitter, facebook, instagram, whatsapp, BBM, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat banner yang besar di tempat usaha anda atau memasaangnya di tempat yang sering dilalui orang. Lalu anda juga bisa berpromosi mouth to mouth (mulut ke mulut) seperti kepada teman, sahabat, rekan, saudara, kerabat, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pembeli akan segera datang membeli ayam bakar anda.

 

Itulah 8 langkah buka usaha ayam bakar yang perlu anda pelajari lebih dalam lagi sebelum membuka usaha tersebut. Lakukan riset pasar agar anda semakin paham bagaimana harus memulainya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *