7 Langkah Membuka Usaha Mie Ayam

Mie ayam adalah salah satu makanan yang paling digemari masyarakat, mulai dari yang muda hingga orangtua. Selain rasanya yang khas dan cocok di lidah orang Indonesia, mie ayam juga merupakan  makanan yang mudah ditemukan. Hampir di setiap tempat ada saja yang menjual mie ayam.

Bagi anda yang berminat membuka usaha mie ayam, ini adalah kesempatan yang baik untuk menjalankan bisnis ini.  Selain pasarnya luas, usaha mie ayam memiliki potensi abadai yang tak lekang oleh perkembangan jaman. Dengan begitu tingginya minat pasar terhadap mie ayam membuat usaha semacam ini banyak sekali. Meski begitu, peluang untuk usaha mie ayam masih terbuka lebar.  Yah, pengusaha pendatang baru masih bisa bersaing seiring dengan pasar yang luas.

Nah, meskipun pasarnya luas, anda juga tidak boleh serta merta masuk ke dalam bisnis ini tanpa strategi bisnis yang baik. Jika hanya asal-asalan berbisnis, tentu saja usaha mie ayam yang anda idam-idamkan berkembang malah tidak berjalan bahkan tidak meraih hasil apapun. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha mie ayam. Ada 7 langkah yang harus dipelajari, diantaranya:

  1. Modal yang cukup

Modal adalah hal utama yang menentukan usaha berjalan atau tidak. Dalam setiap bisnis, modal usaha menjadi peran penting dalam mencakup semua kebutuhan usaha. Oleh sebab itu, siapkanlah modal usaha yang secukupnya sesuai dengan bisnis yang akan anda jalankan. Hitunglah semua kebutuhan seperti kebutuhan bahan baku, peralatan, sewa tempat (jika sewa), biaya promosi, dan lain-lain. Sekali, perhitungkan matang-matang sebelum anda benar-benar membuka usaha mie ayam.

  1. Menyiapkan peralatan

Dalam usaha mie ayam, tentu saja peralatan sangat dibutuhkan. Siapkanlah peratan yang diperlukan seperti mangkok, sendok, garpu, sumpit, gerobak (jika pakai konsep gerobak), peralatan masak mie, dan lain sebagainya. Pada intinya, peralatan itu sangat menunjang usaha mie ayam yang akan anda jalankan. Jadi, segeralah siapkan sebelum membuka usaha mie ayam.

  1. Memiliki resep yang lezat

Berbicara masalah bisnis kuliner, urusan resep dan rasa menjadi hal yang perlu dikedepankan. Tidak dipungkiri rasa memang nomor satu bagi pelanggan. Usaha mie ayam yang akan anda lakukan tidak akan berjalan mulus jika rasa dari mie ayam yang anda hidangkan tidak sesuai selera. Yah bukan hanya masalah enak atau tidaknya, tapi juga selera pasar.

Carilah resep yang enak dan sesuai selera orang kebanyakan tentunya. Yah, anda bisa mencari informasi kepada orang yang telah berpengalaman berbisnis mie ayam. Ajaklah mereka bekerja sama. Terkadang ada mie ayam yang enak sekali meski hanya dijual dengan gerobak keliling. Atau bisa juga anda mencari resep masakan dari buku resep, viedo tutorial, internet, dan lain sebagainya. Sekali lagi, rasa adalah hal utama yang perlu anda tonjolkan dalam usaha mie ayam.

  1. Memilih lokasi yang strategis

Selain resep dan rasa, pemilihan lokasi dalam membuka usaha mie ayam juga tidak kalah pentingnya. Selezat apapun rasa mie ayam anda, akan sia-sia saja jika orang tidak mengetahuinya. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi yang strategis. Lokasi yang sering dilalui orang dan mudah mereka temukan. Misalnya anda bisa membuka usaha mie ayam di perumahan padat penduduk, perkantoran, sekolah, kampus, mall, stasiun, terminal, dan tempat ramai lainnya.

  1. Membuat konsep usaha

Nah, membuat konsep usaha juga sangat penting. Selama ini usaha mie ayam identik dengan gerobak atau kedai kaki lima. Namun belakangan ini banyak pengusaha membuat konsep unik dalam berjualan mie ayam. Misalnya dengan membuat tempat usaha ala perkemahan, gerbong kereta, pesawat, dan lainnya. Nah, tentunya anda harus menentukan konsep apa yang ingin anda buat. Konsep konvensional (gerobak) atau modern yang lebih fresh dan baru. Tentunya ini juga berkaitan dengan budget usaha yang anda miliki. Maka sebelum memulai usaha mie ayam, tentukanlah konsep usaha secara matang. Dengan begitu, usaha anda menjadi jelas arahnya.

  1. Mempunyai keistimewaan

Setelah rasa dan konsep usaha dilakukan, sisipkanlah keistimewaan dari usaha mie ayam anda. Yah, ini akan menjadi nilai lebih di mata konsumen. Misalnya pelayan dari usaha mie ayam anda mengenakan pakaian-pakaian unik, wifi yang kencang, dan masih banyak lagi ide yang bisa anda kembangkan. Intinya usaha mie ayam anda memiliki pembeda dari mie ayam lainnya. Sebab konsumen menyukai hal-hal unik dan berbeda. Yah, silakan anda gali potensi untuk keistimewaan usaha mie ayam anda.

  1. Melakukan promosi

Melakukan promosi banyak sekali caranya. Misalnya melalui sosial media (facebook, twitter, instagram, dan lain-lain), mouth to mouth (mulut ke mulut), menyebar brosur, membuat banner, dan lain-lain. Yah tentu saja promosi ini untuk memperkenalkan usaha mie ayam anda. Dengan begitu orang menjadi tahu dan mereka penasaran untuk mencoba mie ayam tersebut. Semakin gencar melakukan promosi, semakin banyak pelanggan yangberdatangan.

Nah, setelah anda mempelajari langkah-langkah sebelum membuka usaha mie ayam, berikut ini tips singkat dalam berjualan mie ayam.

  • Memiliki resep dan rasa yang lezat sesuai selera pasar.
  • Menyiapkan peralatan yang lengkap
  • Jika mempunya dana yang banyak, sewalah tempat yang sangat ramai dikunjungi orang.
  • Jika memang harus di tempat yang sederhana atau berkeliling, usahakan selalu berada di tempat yang ramai.
  • Sajikan mie ayam terbaik anda dengan resep terbaik.
  • Selalu ramah terhadap pelanggan.
  • Untuk menekan biaya produksi, carilah penjual bahan baku yang murah namun tetap terjaga kualitasnya.
  • Selalu melakukan inovasi agar pelanggan menjadi tertarik dan tidak cepat bosan.
  • Lakukan pembukuan yang rapi mengenai uang masuk, uang keluar, laba, dan sebagainya.

Nah, setelah memahami langkah-langkah sebelum membuka usaha mie ayam beserta tipsnya, yang perlu anda lakukan adalah praktikan sekarang juga. Setelah itu, jagalah selalu kualitas produk anda (mie ayam) agar tetap disukai pelanggan. Selain itu, pelayanan yang prima terhadap pelanggan juga menjadi nilai lebih di mata mereka. Jika sudah niat membuka usaha mie ayam, lakukan dan jalankan. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *