7 Langkah Membuka Usaha Bubur Ayam

Makanan apa yang sering dicari orang pada pagi hari? Yap, apalagi kalau bukan bubur ayam. Bubur ayam adalah salah satu makanan yang paling digemari masyarakat terutama untuk menu sarapan. Dari anak-anak hingga dewasa menyukai makanan yang satu satu ini. Selain rasanya yang khas, makanan ini juga sangat menyehatkan.

Bubur ayam sangatlah potensial untuk dibuat bisnis. Selain pasarnya luas, menjalankan usahanya juga tidak terlalu rumit. Bahan baku untuk membuatnya pun sangat mudah di temukan di pasar. Usaha ini juga bisa dilakukan di mana saja baik di perkotaan maupun pedesaan. Yah, membuka usaha bubur ayam menjadi pilihan yang bijak jika anda berniat untuk memulai usaha. Namun, jauh sebelum itu, anda perlu memperhatikan hal-hal sebelum membuka usaha tersebut. Artinya, jangan melangkah tanpa ilmu. Di bawah ini akan dibahas langkah-langkah membuka usaha bubur ayam dengan detail.

Sekali lagi, sebelum membuka usaha bubur ayam, perhatikan langkah-langkah yang perlu dipahami. Apa saja langkah-langkah tersebut? Ada 7 langkah buka usaha bubur ayam yang perlu anda ketahui dan pahami, antara lain:

1. Memiliki modal yang cukup

Modal adalah suatu hal yang akan menunjang usaha anda. Selain itu, modal menjadi sebuah keharusan yang harus dipersiapkan, entah bagaimana pun mendapatkannya.  Sebab ini untuk mencukupi kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan usaha bubur ayam anda. Misalnya untuk membeli perlengkapan, membeli bahan baku, sewa tempat (jika sewa), biaya promosi, dan biaya-biaya lainnya. Oleh sebab itu, siapkanlah modal secukupnya sesuai dengan konsep usaha yang akan anda jalankan. Sebab, jika tidak terpenuhi usaha yang akan dijalankan akan berjalan kurang lancar.

2. Menyiapkan perlengkapan usaha

Perlengkapan usaha sangat dibutuhkan untuk menunjang usaha bubur ayam yang akan dijalankan. Perlengkapan dan perlatan ini digunakan baik untuk memasak ataupun menyajikan bubur ayam. Perlengkapan yang perlu dimiliki seperti mangkok, sendok, panci buat memasak bubur, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, carilah perlengkapan dan peralatan di pasar. Tentunya dengan mencari harga yang tidak terlalu mahal namun kualitasnya sangat baik.

3. Menentukan lokasi usaha

Lokasi sangatlah penting dalam menjalankan usaha. Lebih-lebih usaha bubur ayam. Pemilihan lokasi akan menentukan banyak atau tidaknya pembeli bubur ayam anda. Nah, pintar-pintarlah memilih lokasi. Carilah lokasi yang strategis yang memungkinkan banyak orang membeli bubur ayam anda. Misalnya anda bisa berjualan di jalan raya atau jalan utama, dekat sekolah dan kampus, di pemukiman padat penduduk, dekat kantor dan pabrik, di stasiun dan terminal, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang strategis untuk berjualan bubur ayam. Dengan lokasi yang tepat, pembeli akan terus berdatangan sehingga usaha bubur ayam anda semakin maju dan berkembang.

4. Memiliki resep bubur ayam

Salah satu daya tarik usaha bubur ayam bagi pelanggan tentu saja memiliki rasa yang menggoda. Rasa sangat menetukan laku atau tidaknya usaha ini. Jika rasanya enak dan sesuai selera pasar sudah pasti akan banyak pembeli yang datang. Demikian juga sebaliknya, rasa yang hambar atau tidak sesuai selera, akan membuat pembeli ogah untuk datang kembali. Nah, maka dari itu siapkanlah resep membuat bubur ayam yang lezat dan menggoda selera pembeli. Berikut ini adalah resep membuat bubur ayam yang bisa anda lakukan.

Bahan:

  • 300 gram beras
  • 3.000 ml kaldu ayam dari rebusan 1 ekor ayam, angkat ayamnya lalu disuwir-suwir
  • 5 siung bawang putih, kemudian dicincang halus
  • 2 sendok teh garam

Pelengkap:

  • Ayam suwir
  • 3 buah cakwe, diiris-iris
  • 1 butir telur pitan, dipotong-potong
  • 12 buah pangsit, dipotong kotak 1 cm, digoreng
  • 1 tangkai seledri, lalu diiris halus
  • 1 tangkai daun bawang, lalu diiris halus
  • 3 sendok makan bawang goreng

Bahan sambal:

  • 5 buah cabai rawit, lalu diiris-iris
  • 3 sendok makan kecap asin

Cara membuat:

  1. Rebus beras di dalam kaldu ayam bersama bawang putih sampai mendidih
  2. Tambahkan garam dan merica. Masak sambil diaduk-aduk sampai matang dan kental.
  3. Sajikan bubur bersama suwiran ayam, cakwe, telur pitan, pangsit, seledri, daun bawang, bawang goreng, dan sambal.

 

5. Menentukan harga

Terkadang harga menjadi bahan pertimbangan orang sebelum membeli. Yah, ini juga berlaku bagi usaha bubur ayam anda. Sebaiknya, tentukan harga sesuai dengan harga di pasaran. Maka dari itu, surveilah terlebih dahulu harga bubur di pasaran. Ini akan memudahkan anda dalam menentukan harga bubur ayam nantinya. Jika harga sudah kompetitif, orang tidak segan untuk membeli bubur ayam. Saat ini harga satu porsi bubur ayam sekitar Rp 7000 hingga Rp 10.000, walau masih juga ada yang menjual Rp 5.000. yah, ini menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan harga

6. Memberikan pelayanan yang prima

Apa yang anda rasakan jika anda tidak dilayani dengan baik oleh seorang penjual? Tentunya kesal dan kapok membeli lagi pada penjual tersebut. Sama dengan usaha bubur ayam ini. Perlu adanya pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik tentu akan berdampak baik pada usaha yang anda jalankan. Pun sebaliknya, jika pelayanan buruk pelanggan bisa-bisa kabur. Nah, selalu berikanlah pelayanan yang maksimal kepada mereka. Jagalah kebersihan tempat usaha, selalu ramah kepada pembeli, dan juga selalu tersenyum. Jika pembeli sudah merasa nyaman, mereka pasti akan kembali lagi untuk membeli bubur ayam anda.

7. Melakukan promosi

Promosi adalah hal yang perlu dilakukan. Mengingat usaha bubur ayam yang baru akan anda jalankan perlu diinformasikan kepada banyak orang. Bisa saja anda berpromosi melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Atau bisa juga dengan cara mouth to mouth (mulut ke mulut) dengan memberi tahu sahabat, kerabat, atau teman-teman lainnya. Yah, sekali ini untuk memperkenalkan usaha bubur ayam anda. Semakin banyak orang tahu, semakin besar peluang untuk membeli bubur ayam anda.

Nah, itulah beberapa langkah buka usaha bubur ayam yang bisa anda pahami kemudian dipraktikkan. Selain langkah-langkah di atas, tentunya anda juga harus lebih memahami kebutuhan pasar. Selamat mencoba!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *