6 Langkah Membuka Usaha Fotokopi

Apakah anda sedang berniat untuk membuka usaha namun bingung harus memilih usaha apa? Jika demikian, membuka usaha fotokopi bisa menjadi salah satu pilihan yang baik. Selain kebutuhan fotokopi yang selalu meningkat, pemain usaha jenis ini belum seramai usaha makanan atau pakaian. Ini merupakan peluang bagus untuk dilakukan.

Di dalam usaha fotokopi tentunya tidak hanya sekadar menyediakan fotokopi saja, akan tetapi juga bisa ditambah dengan alat tulis kantor yang beragam. Yah, idealnya memang demikian. Tidak lengkap rasanya usaha fotokopi tanpa menjual alat tulis kantor.

Usaha apapun membutuhkan kejelian dalam melihat peluang sekecil apapun, termasuk usaha fotokopi. Artinya, usaha fotokopi akan berjalan lancar jika mampu melihat celah yang tepat dalam memulainya. Nah, supaya anda paham bagaimana cara membuka usaha fotokopi, di bawah ini ada 6 langkah praktis yang bisa anda lakukan.

  1. Persiapkan modal usaha fotokopi

Modal hal penting yang perlu disiapkan. Sebab tanpa adanya modal, usaha fotokopi anda sulit untuk berjalan. Nah, maka dari itu persiapkanlah modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha anda. Di bawah ini sedikit gambaran modal usaha yang anda perlu keluarkan.

Etalase kaca                : Rp 1.500.000

Mesin Fotokopi           : Rp 15.000.000

Laptop/PC                   : Rp 3.000.000

ATK untuk dijual        : Rp 1.000.000

Meja kursi PC             : Rp 300.000

Total modal usaha       : Rp 22.300.000

Nah estimasi di atas tidaklah mutlak. Bisa aja kurang atau lebih tergantung pada lokasi anda membuka usaha ini. Selain itu, anda juga bisa menggunakan mesin fotokopi bekas yang lebih murah dan menekan biaya-biaya lainnya. Untuk lebih jelasnya, nanti akan dijelaskan pada analisis usaha di bagian bawah.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang tepat. Ini merupakan hal mutlak untuk memastikan pengembangan jangka panjang usaha yang akan anda geluti ini. Dengan lokasi yang tepat akan mempermudah untuk mendapatkan konsumen sehingga usaha bisa menjadi lebih berkembang.

Untuk usaha fotokopi, sebaiknya anda memulai dengan lokasi yang dekat dengan sekolahan, kampus, perkantoran, instansi pemerintah, atau tempat lainnya yang bisa menunjang perkembangan usaha fotokopi anda. Jika salah dalam memilih tempat, bisa dipastikan usaha anda akan sepi konsumen sehingga  menjadi tidak berkembang.

  1. Memperhatikan kualitas fotokopi

Selain lokasi yang tepat dan strategis, kualitas fotokopi yang anda jual pun harus baik. Sebab ini akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Semakin bagus kualitas fotokopi yang anda berikan, maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan konsumen terhadap usaha anda.

Jika konsumen puas dengan hasil fotokopi anda, tentunya prospek usaha anda semakin cerah. Maka pilihlah mesn fotokopi dengan kualitas terbaik sehingga menghasilkan fotokopi yang baik pula. sekali lagi, perhatikan kualitas fotokopi. Konsumen puas, tentunya akan kembali lagi dan lagi.

  1. Promosi yang gencar

Langkah keempat adalah melakukan promosi yang gencar. Usaha apapun perlu promosi, termasuk juga usaha fotokopi. Lokasi dan kualitas fotokopi anda sebenarnya sudah menjadi bagian dari promosi. Bahkan dengan kualitas fotokopi yang bagus, dengan sendirinya konsumen mempromosikan usaha anda kepada orang lain.

Selain itu, anda juga bisa berpromosi melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Selain gratis, promosi dengan cara ini juga bisa menjangkau banyak orang. Atau jika memiliki modal berlebih, anda juga bisa membuat brosur untuk disebarkan. Yang terakhir dan paling ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut. Bisa saja anda berpromosi kepada teman, sahabat, kerabat, atau saudara sehingga informasi mengenai usaha fotokopi anda bisa tersebar luas.

  1. Memberikan pelayanan yang baik

Langkah kelima adalah memberikan pelayanan yang baik. Berikanlah pelayan semaksimal mungkin kepada pelanggan supaya mereka nyaman dan percaya telah memilih fotokopi anda. Tunjukkan sikap yang ramah, murah senyum, dan selalu menjaga kebersihan tempat usaha anda. Jika kualitas baik ditambah dengan pelayanan yang bagu maka pelanggan tetap akan anda dapatkan. Semakin banyak pelanggan tetap tentunya semakin baik bagi perkembangan usaha fotokopi anda.

  1. Mulailah usaha fotokopi sekarang juga

Langkah yang terakhir adalah membuka usaha sesegera mungkin. Sebab jika tidak pernah action, memiliki usaha hanya akan menjadi angan-angan saja. Tidak perlu merasa takut gagal karena pengusaha sukses pun berkali-kali merasakan kegagalan. Singkatnya, kesuksesan itu sepaket dengan kegagaglan. Dan selanjutnya, bangkitlah sekarang juga lalu berusaha meraih bisnis impian anda.

Supaya anda memiliki gambaran yang lebih riil, di bawah ini adalah analisis usaha yang bisa membantu anda dalam membuat estimasi usaha fotokopi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan dengan teliti lalu pelajari.

Rincian modal usaha fotokopi hingga beroperasi:

  1. Modal investasi
  2. Mesin fotokopi : Rp 15.000.000
  3. Mesin laminating : Rp 1.500.000
  4. Etalase : Rp 1.000.000
  5. Sewa tempat 1 tahun : Rp 15.000.000
  6. Printer : Rp 500.000
  7. Komputer : Rp 5.000.000
  8. Meja dan kursi : Rp 800.000
  9. Peralatan ATK : Rp 3.000.000
  10. Pemotong kertas : Rp 800.000

Total biaya modal                   : Rp43.200.000

  1. Modal kerja
  2. Gaji pegawai : Rp 900.000
  3. Listrik : Rp 300.000
  4. Bahan baku (kertas, tinta) : Rp 1.500.000

Total modal kerja                    : Rp 2.700.000

  1. Pendapatan

Anggap saja per hari bisa memfotokopi 1500 lembar dengan harga Rp150/lembar.

1000 x 150 = Rp 150.000

30 x Rp 150.000 = Rp 4.500.000

  1. Keuntungan

Pendapatan – modal kerja = Rp 4.500.000 – 2.750.000 = 1.750.000

 

Perhitungan di atas masih perhitungan kasar dan belum termasuk penjualan ATK dan lainnya. Lokasi usaha dan harga bahan baku juga mempengaruhi dalam perhitungan modal. Perhitungan tersebut bisa menjadi rujukan anda dalam memulai usaha fotokopi.

Itulah beberapa langkah praktis membuka usaha fotokopi yang bisa anda lakukan. Selain itu, perhitungan analisis di atas juga bisa membantu anda dalam memahami modal usaha yang dibutuhkan. Selanjutnya anda hanya perlu action untuk memulai usaha tentunya sesuai langkah-langkah membuka usaha fotokopi di atas. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *