5 Langkah Membuka Usaha Tambal Ban dan Bengkel

Tahukah anda jika setiap tahun volume kendaraan semakin meningkat? Ya, baik motor atau mobil jumlahnya semakin banyak. Tentu saja dengan meningkatknya jumlah kendaraan bermotor membuat peluang usaha tambal ban dan bengkel semakin menjanjikan. Yah, membuka usaha tambal ban dan bengkel  adalah pilihan bagus untuk dijalankan.

Pada umumnya, setiap orang  memiliki kendaraan bermotor dan kebanyakan dari mereka tidak mengerti seluk beluk kendaraan. Apabila mereka mengalami kerusakan ringan, kerusakan berat, atau perawatan kendaraannya pastilah bengkel yang dicari. Bisa  dibayangkan jika tidak ada tukang tambal ban dan bengkel, banyak orang akan kesusahan mengingat kendaraan bermotor menjadi favorit masyarakat untuk beraktivitas. Oleh sebab itu usaha tambal ban dan bengkel sangat dibutuhkan. Usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi jangka panjang. Selain pasarnya yang terus meningkat, usaha ini juga memiliki prospek yang cerah.

Jika anda berminat untuk membuka usaha tambal ban dan bengkel, maka yang perlu anda lakukan adalah mengetahui caranya. Nah, di sini akan dibahas mengenai langkah-langkah membuka usaha tambal ban dan bengkel. Dalam hal ini bengkel motor menjadi prioritas pembahasan. Lalu bagaimana langkah-langkah membuka usaha tambal ban dan bengkel? Ada 5 langkah yang perlu anda ketahui, antara lain:

  1. Pemilihan lokasi yang pas

Pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan usaha tambal ban dan bengkel anda, apakah bengkel yang akan kita buka bisa berjalan lancar atau tidak. Oleh sebab itu, memilih  lokasi bengkel  haruslah berada di lokasi yang strategis di mana tempat bisa dijangkau oleh masyarakat (konsumen) yang ingin menggunakan jasa tambal ban dan bengkel anda. Kemudian carilah lokasi yang memiliki banyak pecinta motor atau kendaraan lainnya. Tentu saja anda harus survey secara langsung untuk memastikannya. Nah, beberapa aspek yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha tambal ban dan bengkel adalah:

  • Hindari lokasi yang membutuhkan ketenangan
    Dalam memilih lokasi, tentunya juga anda harus memperhatikan lingkungan sekitar. Karena usaha bengkel terkadang menghasilkan kebisingan dari kendaraan bermotor, maka sebaiknya pilihlah lokasi yang jauh dari tempat-tempat yang membutuhkan ketenangan. Hindari tempat-tempat seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan lainnya. Sebab tempat-tempat tersebut membutuhkan ketenangan dan jauh dari kebisingan.
  • Pilih lokasi yang banyak kendaraan
    Lokasi berikutnya yang harus anda perhatikan adalah lokasi di mana banyak masyarakat yang memiliki kendaraan. Mungkin ini tidak terlalu berpengaruh mengingat banyak sekali orang yang memiliki kendaraan. Namun, anda tetap harus memperhatikan dari segi keramaiannya.
  • Lokasi yang mudah dijangkau
    Jika suatu saat orang bermasalah dengan bannya yang kempes, otomatis mereka mencari tukang tambal ban terdekat yang mudah dijangkau. Biasanya lokasi seperti ini berada di pinggir jalan utama sehingga calon konsumen bisa mengaksesnya dengan mudah. Jangan membuka usaha tambal ban dan bengekl di lokasi yang sempit. Buatlah usaha yang gampang dijangkau orang banyak.
  • Memiliki lokasi yang terdapat lahan parkirnya
    Selain 3 poin di atas, poin keempat ini juga penting. Ya, sediakanlah lahan parkir. Pastikan anda memiliki lahan parkir untuk kendaraan konsumen anda. Jangan sampai konsumen anda memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan. Sekali lagi, sediakan lahan parkir yang cukup.
  1. Mekanik yang profesional

Mekanik dalam usaha tambal ban dan bengkel adalah ujung tombak yang berada paling depan. Artinya, selain berhadapan langsung dengan konsumen, mekanik juga dinilai bagus atau tidaknya dalam memperbaiki kendaraan dan melayani pelanggan. Mekanik sangat berperan dan juga menentukan kemajuan usaha tambal ban dan bengkel anda. Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan mempengaruhi apakah mereka akan terus mempercayakan perawatan kendaraannya. Jika memuaskan, mereka pasti akan balik lagi ke bengkel anda.

  1. Peralatan dan perlengkapan

Nah, ini adalah hal yang sering sekali dipertanyakan saat hendak membuka usaha tambal ban dan bengkel. Apa saja sih peralatan yang diperlukan untuk membuka usaha tambal ban dan bengkel? Jawabannya lumayan banyak. Anda harus mengenal berbagai jenis kunci, dongkrak, dan sejenisnya. Peralatan dan perlengkapan sangat menunjang keberlangsungan usaha tambal ban dan bengkel anda. Maka dari itu, lengkapilah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan demikian usaha anda siap untuk dimulai.

  1. Memperhitungkan kompetitor

Dalam bisnis apapun kompetitor pasti selalu ada, termasuk usaha tambal ban dan bengkel. Perhitungkanlah terlebih dahulu berapa banyak kompetitor yang berada dengan lokasi yang akan anda pilih. Sebisa mungkin anda menghindari persaingan yang tinggi dan ketat. Selain itu, jangan membuka usaha tambal ban dan bengkel dengan tingkat pelayanan yang sama. Sebab ini akan memunculkan persaingan yang tidak sehat. Namun jika anda sudah menentukan lokasi dan tidak bisa menghindari persaingan tersebut. Maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen. Carilah kekurangan bengkel saingan anda lalu perbaiki kekurangan usaha tambal ban dan bengkel anda. Ini akan membuat usaha anda lebih maju tentunya.

Nah, dalam sebuah persaingan bisnis tentu saja anda harus melakukan persaingan secara sehat. Jangan menjatuhkan atau menjelekkan kompetitor di mata konsumen. Yang paling penting adalah memberikan pelayan terbaik, selalu ramah terhadap konsumen, selalu tersenyum, atau memanjakan konsumen dengan ruang tunggu yang nyaman. Yah, banyak yang bisa andalkan. Gunakan ide anda untuk lebih kreatif. Dengan demikian konsumen akan betah dan selalu berlangganan dengan usaha tambal ban dan bengkel anda.

  1. Promosi

Melakukan promosi menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. Sebab dengan melakukan promosi akan lebih banyak menjaring konsumen. Banyak cara bisa dilakukan untuk berpromosi misalnya memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Selain itu bisa juga melakukan promosi melalui mulut ke mulut (mouth to mouth). Ini adalah cara paling ampuh. Anda juga bisa memasang banner yang besar supaya setiap orang yang lewat tahu usaha tambal ban dan bengkel anda.

Itulah 5 langkah membuka usaha tambal ban dan bengkel yang bisa anda lakukan. Pastikan anda benar-benar memahaminya supaya usaha anda berjalan lancar dan semakin berkembang. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *