5 Langkah Buka Usaha Susu Murni

Usaha susu murni saat ini sedang booming di berbagai daerah. Hal ini tidak lain karena masyarakat mulai menyadari akan manfaat dari meminum susu murni. Susu segar murni  memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, ini merupakan angin segar bagi para calon pelaku usaha di bidang ini. Selain pasarnya sudah luas, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Siapapun bisa menjadi pengusaha susu murni. Termasuk karyawan sekalipun yang ingin menambah penghasilan.

Nah bagi anda yang berminat untuk membuka usaha susu murni, rasanya perlu untuk mengetahui lebih jauh seperti kelebihan dan kekurangan bisnis ini. Dengan begitu anda bisa mengantisipasi hal-hal yang bisa menghambat usaha. Nah, di bawah ini ada kelebihan dan kekurangan usaha susu murni.

Kelebihan usaha susu murni

  • Susu murni memiliki kandungan kalsium, protein, fosfor, dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Ini bisa membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.
  • Modal dapat disesuaikan dengan skala usaha. Bisa dijalankan di mana saja tergantung modal yang dimiliki.

Kekurangan usaha susu murni

  • Susu cepat basi
  • Persaingan usaha yang kian meningkat

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangannya, anda menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk mengelola usaha susu murni. Nah, sebelum membuka usaha tersebut, anda perlu langkah-langkah praktis agar bisnis ini semakin berkembang. Ada 5 langkah buka usaha susu murni, antara lain:

1. Mencari supplier susu murni

Mencari supplier susu murni adalah hal yang harus dilakukan. Sebab ini adalah bahan baku untuk anda jual. Carilah mitra untuk bekerja sama dengan peternak sapi  perah yang memiliki harga kompetitif dan kualitas terbaik. Biasanya peternak sapi perah bisa ditemukan di daerah Bogor, Bandung, Depok, dan daerah lainnya. Datangilah lokasi mitra anda (supplier susu murni) agar bisa memastikan kualitasnya. Dengan mengecek langsung ke lokasi, anda juga bisa belajar mengetahui susu yang berkualitas bagus dengan bertanya langsung.

2. Menyiapkan lokasi usaha

Lokasi sangatlah penting dalam setiap usaha. Sebab pemilihan lokasi yang tepat bisa berpengaruh terhadap penjualan produk yang and jual. Buatlah perencanaan mengenai konsumen yang ingin anda gaet. Maksudnya apakah konsumen anda hanya anak-anak saja, dewasa saja, atau segala usia. Mengingat susu murni bisa dikonsumsi segala usia, anda bisa membuka di lokasi sekitaran perumahan padat penduduk, dekat sekolah, kantor, pinggir jalan raya, stasiun, terminal, pasar, dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi juga untuk mengetahui karakteristik konsumen, daya beli, menu yang akan menjadi andalan, metode promosi, dan lain sebagainya. Sekali lagi, pemilihan lokasi usaha yang tepat dapat mempengaruhi penjualan usaha anda. Pilihlah lokasi dengan bijak supaya usaha susu murni anda semakin berkembang.

3. Mempersiapkan peralatan

Sebelum membuka usaha susu murni, usahakan perlatan harus sudah lengkap. Siapkanlah peralatan seperti gelas susu, blender, cooler box, toples, sendok ukur, kompor dan gas, panci kecil, ember, galon air, dan lain sebagainya. Perlatan-peralatan ini akan menunjang usaha susu murni yang akan anda jalankan. Sekali lagi, pastikan benar-benar lengkap peralatan tersebut. Jika tidak, itu akan menghambat proses produksi usaha anda.

4. Menciptakan varian rasa

Nah, agar konsumen memiliki banyak pilihan dalam membeli susu murni, perlu adanya kreasi untuk menciptakan varian rasa yang baru. Untuk memperkaya resep-resep susu murni, di bawah ini ada 2 resep yang bisa anda gunakan demi mengembangkan usaha yang sedang anda geluti. Berikut ini adalah resep minuman buah pisang dicampur susu murni yang bisa anda coba.

Bahan:

  • 500 cc susu murni dingin
  • 25 cc simple sirup (gula dan air 1:2 rebus sampai larut)
  • 2 buah pisang ambon
  • 100 gram whipped cream kocok

Cara membuat:

  • Potong-potong pisang ambon
  • Campur susu murni dengan simple syrup dengan ¾ potongan pisang ambon.
  • Blender sampai tercampur merata, kira-kira 3 menit.
  • Siapkan gelas tinggi, taruh sisa potongan pisang pada dasar gelas, tutupi dengan whipped cream.
  • Tuang campuran pisang,simple syrup dan susu murni yang sudah diblender pada gelas tadi, jangan sampai penuh. Tutup dengan whipped cream kocok kemudian beri hiasan berupa potongan pisang.
  • Sajikan dalam keadaan dingin.
  • Sebagai garnish bisa menggunakan taburan cokelat bubuk atau pisang yang telah dicincang dengan halus dan sebagainya.
  • Beri tambahan es batu pada saat memblender supaya minuman terasa dingin dan lebih enak.
  • Anda bisa mengganti simple syrup dengan menggunakan madu serta susu rendah lemak.

Nah, setelah resep di atas, selanjutnya adalah resep strawberry milk.

  • 400 ml susu sapi segar
  • 50 gram buah strawberry segar
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 100 cc air matang
  • Cokelat bubuk secukupnya (untuk topping)

Cara membuat:

  • Haluskan 50 gram buah strawberry dan 100 cc air dengan menggunakan blender.
  • Panaskan susu dan gula pasir di atas api kecil hingga susu benar-benar mendidih
  • Campurkan susu dengan buah strawberry yang telah dihaluskan. Hidangkan segera dengan topping cokelat bubuk di atasnya.

 

5. Melakukan promosi

Untuk menggaet konsumen, hal yang perlu dilakukan adalah promosi. Pada awal-awal pembukaan usaha, berikanlah diskon menarik, membuat kartu member, atau apapun yang membuat konsumen tertarik. Selebihnya anda bisa berpromosi melalui berbagai media untuk semakin memperkenalkan usaha susu murni anda. Anda bisa berpromosi melalui media sosial, menyebar brosur, membuat banner, atau berpromosi dari mulut ke mulut. Ini akan membuat usaha susu murni anda terkenal di mata orang. Dengan begitu, konsumen akan tahu dan tinggal menunggu waktu saja untuk membeli. Semakin sering berpromosi semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak konsumen. Tentunya ini sangat bagus untuk perkembangan usaha anda.

Itulah 5 langkah membuka usaha susu murni yang dapat anda praktikkan. Tetap belajar mengenai bisnis ini agar anda semakin tahu jika sewaktu-waktu hambatan datang. Dengan mempersiapkan diri lebih awal, tentunya usaha yang anda impikan akan berjalan sukses. Selamat mencoba dan sukses selalu!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *